Waspada, Cuaca Ekstrem di Cilacap hingga Tiga Hari Kedepan

Waspada, Cuaca Ekstrem di Cilacap hingga Tiga Hari Kedepan

Cuaca mendung di wilayah Kecamatan Kroya.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat di wilayah Kabupaten CILACAP dan sekitarnya dihimbau waspada terhadap ancaman cuaca ekstrem hingga tiga hari kedepan. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, kondisi ini akan berlangsung pada tanggal 17 Januari - 19 Januari 2024 mendatang. 

Dikatakan, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah atau Laut Jawa serta adanya MJO yang berada di Kuadran 4 (Maritime Continent). berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, terdapat daerah belokan angin di sekitar wilayah Jawa, dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Lima Kepala Desa di Kabupaten Cilacap Diberhentikan

BACA JUGA:Urus Dokumen Kependudukan di Cilacap Bisa Pakai Aplikasi Dolan Teluk Penyu

"Kondisi diatas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang," kata dia.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: