Berbagai Cara Menangani Anak yang Sulit Diatur

Berbagai Cara Menangani Anak yang Sulit Diatur

Berbagai cara yang harus para orang tua lakukan saat menangani anak yang sulit untuk diatur.-Fahma Ardiana-

Jika orang tua mengharapkan perilaku sopan dan santun dari anaknya, hendaknya mereka terlebih dahulu memperbaiki diri menjadi teladan yang baik. Cara paling efektif dalam membesarkan anak bukan hanya dengan memberikan banyak nasehat, namun dengan memberikan contoh melalui tindakan sehari-hari.

Jika orang tua bertindak bertentangan dengan nasihat yang mereka berikan kepada anak mereka, jangan heran jika sang anak tidak mendengarkan nasihat itu.

3. Hindari Membentak Anak di Depan Umum

Jika anakmu melakukan kesalahan di depan umum, tahanlah keinginan untuk memarahi atau membentaknya ketika ada banyak orang di sekitar. Tentu saja cara ini sangat tidak bijak jika ibu memarahi anak di depan umum.

BACA JUGA:Cara Parenting yang Baik Terhadap Anak

BACA JUGA:10 Cara Menciptakan Suasana Komunikasi yang Nyaman dengan Anak

Jadi, kendalikan emosimu dan pindahkan si kecil ke ruangan yang tenang. Hanya dengan begitu sang ibu dapat menasihatinya dengan lembut. Cara ini lebih efektif untuk menyadarkan anak dan bertobat atas kesalahannya dibandingkan dengan kekerasan verbal yang bisa membuat anak semakin depresi.

4. Tetapkan Peraturan dan Berikan Sanksi Tegas

Jika anak Anda masih nakal dan keras kepala meskipun Anda telah menasihati dan memberi teladan, sebaiknya tetapkan peraturan, dan jika anak Anda melanggar aturan tersebut, berikan sanksi. Misalnya, Ibu menetapkan bahwa permainan dibatasi hingga jam 8 malam. Jika sang anak masih nakal dan tidak mau berhenti setelah batas waktu tersebut, sang ibu bisa menghukumnya dan tidak mengizinkannya bermain lagi dalam jangka waktu tertentu. 

Tentu saja, orang tua tidak dianjurkan menggunakan kekerasan untuk mendisiplin anak mereka. Cara ini hanya menyakiti anak dan membuatnya semakin liar.

5. Jangan Terlalu Sering Mentoleransi

Jika Anda menetapkan peraturan dan menetapkan sanksi, pastikan untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan tersebut. Jangan biarkan anak Anda terlalu sering melanggar aturan. Semakin Anda bertoleransi, anak Anda akan semakin tidak menghormati aturan karena akan menganggap bahwa Anda sebagai orang tua pasti akan mentoleransinya lagi. 

Itulah dia berbagai cara untuk menangani anak yang sulit diatur. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: