Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Beberapa hal yang harus kamu ketahui dari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.-Fahma Ardiana-

Pemeriksaan gigi secara rutin dapat membantu Anda mengetahui masalah gigi dan gusi sejak dini. Hal ini memungkinkan dokter untuk melakukan prosedur gigi, seperti menambal gigi berlubang kecil, sebelum kerusakan lebih lanjut terjadi pada gigi pasien. Perawatan dini justru bisa menghemat biaya pengobatan dibandingkan saat penyakit gigi Anda sudah parah.

2. Sikat Gigi yang Baik

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan pasien setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi dan gusinya? yang paling penting adalah menyikat gigi. Pertanyaan yang sering diajukan adalah tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Berikut langkah-langkah memilih dan menyikat gigi yang tepat :

BACA JUGA:Tidak Perlu Takut, Ini 4 Manfaat Cabut Gigi yang Tidak Boleh Diabaikan

BACA JUGA:Bukan Hanya Bumbu Dapur, Ini 5 Pilihan Obat Gigi Berlubang yang Mudah Didapatkan

- Untuk anak-anak, pilihlah sikat gigi yang memiliki gagang kecil dan kepala sikat kecil agar mudah dipegang dan tidak merusak gusi.

- Pilihlah sikat gigi yang bulunya lembut untuk menghindari iritasi.

- Pilih yang ujung kepala sikatnya sempit sehingga mudah menjangkau bagian mulut yang relatif kecil.

- Pastikan menyikat gigi dengan benar. Artinya, gunakan tekanan sedang dan ikuti instruksi dari gusi hingga gigi. 

Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Selama kunjungan ke dokter gigi, dokter gigi Anda akan memberikan petunjuk tentang manajemen kebersihan gigi dan mulut.

Ganti sikat gigi Anda setelah minimal 3 bulan digunakan. Waktu yang disarankan untuk mengganti sikat gigi adalah 3 sampai 4 bulan setelah digunakan. 

Oleh karena itu, jangan menunggu hingga bulu sikat gigi mekar untuk menggantinya. Gantilah sikat gigi anda sesaat sebelum bulu sikatnya rusak.

Itulah dia penjelasan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta beberapa upayanya yang bisa kamu lakukan. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: