Pohon Tumbang Hambat Aliran Sungai

Pohon Tumbang Hambat Aliran Sungai

UPTD PU Wilayah Sumpiuh melakukan penanganan pohon tumbang di Sungai Kecepak Kecamatan Tambak yang menghambat aliran air.-Lusino untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pohon cangkring tumbang di Sungai Kecepak Kecamatan Tambak. Keberadaan pohon yang tumbang di musim penghujan ini, menghambat aliran air.

Mantri Pengairan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum (UPTD PU) Wilayah Sumpiuh, Lusino menuturkan, tanggul sungai tergerus arus air, sehingga mengakibatkan pohon yang berada di lokasi roboh.

Sehubungan dengan hal tersebut, UPTD segera melakukan penanganan bersama dua desa yang dilintasi Sungai Kecepak, yaitu Desa Pesantren dan Prembun.

"Pohon roboh di sungai dipotong karena mengganggu aliran sungai," kata Lusino, Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang Akibatkan Banjir Luapan, Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Banyumas

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Serangkaian Kejadian Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Terjadi di Banyumas

Batang pohon tumbang yang berada di atas sungai tidak serta dapat dipotong. Harus dilakukan pemangkasan terlebih dahulu untuk memudahkan pohon dialihkan dari sungai.

Dalam penanganan pohon tumbang, Tim UPTD mengalami kendala. Sebab, debit air sungai sedang meningkat. Sementara itu, pohon tumbang yang menghambat aliran sungai belum terpotong semua.

"Bedogol belum bisa dipotong karena air sungai dalam sekali," imbuh Lusino.

Lusino menambahkan, di musim penghujan, rawan terjadi pohon tumbang. Termasuk di bantaran sungai. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: