KPU Banjarnegara Kerahkan 680 Pekerja Sortir dan Lipat Suara

KPU Banjarnegara Kerahkan 680 Pekerja Sortir dan Lipat Suara

SURAT SUARA: Ratusan pekerja saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di GOR Banjarnegara.-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarnegara mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum 2024. Ada beberapa jenis surat suara yang disortir dan dilipat yaitu surat suara calon presiden, calon DPD, calon DPRD Provinsi Jawa Tengah dan surat suara calon DPRD Banjarnegara.

Ketua KPU Banjarnegara, M Syarif SW mengatakan, untuk sortir dan pelipatan surat suara dilakukan di tiga tempat yakni Gedung Balai Budaya, GOR dan Gudang Induk serta melibatkan total sebanyak 680 pekerja.

"Di Balai Budaya, 330 pekerja melakukan sortir dan melipat surat suara untuk DPR Provinsi, GOR sebanyak 150 pekerja melipat surat suara untuk DPRD Kabupaten sedangkan di Gudang induk di Desa Bandingan melibatkan 200 pekerja untuk sortir dan melipat surat suara calon presiden dan wakil presiden serta DPD RI," katanya, Selasa (9/1).

Kegiatan sortir dan pelipatan, kata Syarif, direncanakan selesai selama 7 hari kedepan atau sampai dengan tanggal 16 Januari 2024. Dan total jumlah surat suara sebanyak 4.061.420 dengan rincian surat suara presiden dan capres sebanyak 812.284, surat suara DPR RI 812.284, DPD RI 812.284 dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten masing-masing 812.284 surat suara.

BACA JUGA:4 Juta Lebih Surat Suara Pilpres dan Legislatif Tiba di KPU Banjarnegara

BACA JUGA: 834 Anggota PPS Pemilu 2024 di Lantik KPU Banjarnegara

"Jumlah surat suara dihitung dari jumlah DPT Banjarnegara sebanyak 794.899 ditambang cadangan sebesar 2 persen atau 17.385 surat suara," katanya.

Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara juga mendapat perhatian khusus dari Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso yang langsung melakukan pemantauan ke tiga tempat tersebut.

Menurut Kapolres, untuk pengamanan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara, kepolisian menyiagakan penuh selama 24 jam sebanyak 4 personel ditempat kegiatan.

"Kami juga menyiagakan 1 pleton pasukan dalmas di Mako yang setiap saat siap digerakkan apabila terjadi hal-hal yang luar biasa," katanya.

BACA JUGA:KPU Banjarnegara Gelar Sosialisasi Terkait Hukum Penyelenggaraan Pemilu 2024

BACA JUGA:705 Calon PPK Sudah Mendaftarkan Ke KPU Banjarnegara

Tidak semua orang bisa menjadi pekerja sortir dan pelipat surat suara. Walaupun hanya bekerja dalam waktu yang terbatas atau beberapa hari saja, namun, persyaratan dan batasan-batasan tertentu harus dipatuhi saat bekerja.

Komisioner KPU, Bambang P, mengatakan, semua warga yang berminat menjadi pekerja sortir dan pelipatan sebelumnya harus mendaftar ke KPU. Jika diterima,banyak hal-hal yang harus dipatuhi oleh pekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: