Apakah Boleh Minum Air Hujan? Cek Faktanya di Sini!

Apakah Boleh Minum Air Hujan? Cek Faktanya di Sini!

Minum Air Hujan-freepik-

Untuk membuat air hujan layak diminum, beberapa orang memilih merebusnya untuk mematikan bakteri atau virus. Namun, metode ini tidak efektif jika air hujan mengandung polutan atau logam berat. 

Oleh karena itu, air yang telah terkontaminasi oleh polusi atau logam berat harus menjalani proses tertentu, seperti penyaringan, pemusnahan bakteri patogen melalui bahan kimia (disinfeksi), dan pengujian laboratorium, sebelum dianggap aman untuk dikonsumsi.

Jika proses pengolahan air tidak dilakukan, sebaiknya hindari minum air hujan secara langsung. Namun, air hujan tetap dapat digunakan untuk keperluan lain seperti mencuci pakaian atau menyiram tanaman.

Apabila tanpa sengaja tertelan air hujan, tidak perlu khawatir. Hal yang terpenting adalah segera mengganti pakaian dan menjaga tubuh tetap hangat dengan mengonsumsi minuman hangat. Perbanyak juga minum air putih untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari potensi penyakit.

Demikianlah penjelasan terkait apakah bisa minum air hujan. Jika setelah menelan air hujan timbul gangguan pencernaan seperti diare, mual, atau muntah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: