Ini Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Sering Disepelekan

Ini Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Sering Disepelekan

Ini Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Sering Disepelekan!-freepik-

Bahasa Indonesia dapat dipahami dan digunakan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Walaupun demikian, Bahasa Indonesia bukanlah satu-satunya bahasa yang berkembang di Indonesia; sebagian besar penduduk memiliki bahasa ibu di antara 748 bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia menduduki posisi yang sangat krusial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, Bahasa Indonesia berperan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.

Sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi, termasuk sebagai simbol kebanggaan nasional, representasi identitas nasional, sarana komunikasi antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya. Selain itu, Bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai alat yang memfasilitasi penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasa yang beragam ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia.

Dalam peran sebagai bahasa negara, Bahasa Indonesia memiliki fungsi yang mencakup status sebagai bahasa resmi kenegaraan. Selain itu, Bahasa Indonesia juga berperan sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan, sebagai alat perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta sebagai alat untuk pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

BACA JUGA:Keunggulan Penggunaan e-Modul dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

BACA JUGA:Ragam Media Belajar Matematika Anak SD yang Menyenangkan

Tujuan dan Manfaat Belajar Bahasa Indonesia

Mengingat peran pentingnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidaklah mengherankan jika Bahasa Indonesia perlu diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan dan manfaat belajar Bahasa Indonesia mencakup aspek berikut:

1. Membangkitkan Rasa Cinta Tanah Air

Manfaat belajar bahasa Indonesia yang pertama ialah untuk membangkitkan ras acinta tanah air. Seperti disebutkan sebelumnya, Bahasa Indonesia memiliki peran ganda sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. 

Sebagai bagian dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, mempelajari Bahasa Indonesia tidak hanya menghormati sejarah dan perjuangan pahlawan, tetapi juga meningkatkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

2. Konservasi Bahasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: