Jarang Diketahui, Inilah Peran Penting UMKM bagi Perekonomian Indonesia

Jarang Diketahui, Inilah Peran Penting UMKM bagi Perekonomian Indonesia

Peran dan manfaat UMKM bagi perekonomian Indonesia-pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seringkali menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian Indonesia, menyumbangkan berbagai manfaat yang jarang mendapat sorotan.

Dibalik skala yang lebih kecil dan mungkin kurang terlihat, UMKM memiliki dampak signifikan yang dapat merangsang pertumbuhan ekonomi negara. 

Peran Penting UMKM Bagi Perekonomian Indonesia

Berikut ini adalah manfaat dari UMKM bagi perekonomian Indonesia:

BACA JUGA:Digitalisasi Jadi Hal yang Penting Dalam Upaya Mendorong UMKM

BACA JUGA:TIkTok Shop Dikabarkan Buka Kembali! Begini Dampaknya Bagi UMKM

 

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Salah satu kontribusi utama yang jarang disadari dari UMKM adalah perannya sebagai penghasil lapangan pekerjaan yang berkelanjutan. Dengan struktur yang lebih fleksibel, UMKM memiliki potensi untuk menyerap tenaga kerja lokal dengan cepat dan efisien. Inilah yang membentuk dasar pertumbuhan ekonomi yang inklusif, memberikan peluang pekerjaan yang lebih luas dan membangun fondasi masyarakat yang produktif.

 

2. Pemberdayaan Masyarakat Lokal

UMKM bukan hanya bisnis lokal, tetapi juga pionir pemberdayaan masyarakat. Dengan akar yang dalam di tengah komunitas, UMKM memberikan kesempatan kepada individu untuk menjadi pelaku ekonomi mandiri. Ini tidak hanya menciptakan hubungan ekonomi yang erat dalam masyarakat, tetapi juga meningkatkan keberdayaan masyarakat lokal, membentuk fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Branding dan Inovasi Kemasan Produk Jamu UMKM Jalumas dari TIM PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: