Branding dan Inovasi Kemasan Produk Jamu UMKM Jalumas dari TIM PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto

Branding dan Inovasi Kemasan Produk Jamu UMKM Jalumas dari TIM PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto

Branding dan Inovasi Kemasan produk Jamu UMKM Jalumas dari TIM PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto.-TIM PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan IPTEK atau PKM-PKI merupakan program yang mempunyai tujuan utama mendorong mahasiswa melihat segala macam bentuk kebutuhan dan permasalahan pada masyarakat produktif di luar kampus  untuk memikirkan dan memberikan solusi iptek bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat yang kemudian dijadikan mitra program tersebut.

Tim PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto terdiri dari Bapak Ito Setiawan, S.Kom., M.MSI sebagai dosen pendamping dan beranggotakan 5 mahasiswa yaitu Tri Alfa Pamungkas, Nur Asysyifa Febrianti, Muhammad Akhmal Al Raidhan, Hanif Hidayatulloh, dan Rizki Tri Utari serta 

Mitra dari Tim PKM-PI 2023 Universitas Amikom Purwokerto adalah UMKM Jalumas. Jalumas (Jamu Alas Lumbir Ujung Banyumas) adalah UMKM yang bergerak dalam bidang pengolahan atau pembuatan produk jamu herbal yang berkualitas.

Pada PKM-PI tahun ini, tim PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto membuat branding dan inovasi kemasan baru dengan mengubah kemasan awal yang tadinya kemasan Pouch transapran diinovasikan menjadi kemasan Sachet yang disertai Ziplock.

BACA JUGA:Universitas Amikom Purwokerto Gelar Webinar Doktoral Bagi Dosen

BACA JUGA:Tim Dosen Amikom Purwokerto Beri Pelatihan Teknis Aplikasi Pengontrol Keuangan Keluarga

Perubahan kemasan pouch dengan ukuran 100gram di-rebranding dan inovasi menjadi kemasan sachet ziplock dengan ukuran 15gram menjadi terobosan baru dari Tim dan UMKM Jalumas. Adapun varian jamu yang dirubah bentuk dan desain kemasannya yaitu kencur instan, kunyit instn, jahe instan, wedang rempah, racik rempah ngacung, dan temulawak instan.

Hasil dari produksi kemasan baru pun disambut positif oleh pihak UMKM Jalumas. "Kemasannya bagus, desainya juga sudah sesuai dengan isi setiap varian, kualitas dari plastik kemasan yang dipakai juga tebal. Hanya saja ada kekurangan yaitu bagian pembatas kanan dan kiri terlalu lebar sehingga sedikit susah dalam memasukkan isi," ungkap Bu Supri selaku Koordinator UMKM Jalumas.

"Harapan dari adanya program ini khususnya pembuatan kemasan baru adalah produk jamu dari UMKM Jalumas mampu meningkatkan daya tarik calon pembeli, memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Kemudian juga semoga produk-produk UMKM Jalumas juga dapat lebih banyak dipromosikan dan dijual di mini market" Tri Alfa Pamungkas selaku Ketua Tim PKM-PI Universitas Amikom Purwokerto. (ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: