Rapat Paripurna, DPRD Banyumas Tutup Masa Sidang Tahun 2023

Rapat Paripurna, DPRD Banyumas Tutup Masa Sidang Tahun 2023

Supangkat (kedua dari kiri) saat menutup masa sidang tahun 2023 di Kantor DPRD Banyumas, Jumat (29/12/2023). -AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas melaksanakan rapat paripurna penutupan Masa Persidangan I tahun sidang kelima DPRD Banyumas, Jumat (29/12/2023). 

Ketua DPRD Banyumas, dr Budhi Setiawan menyampaikan, sepanjang tahun ini hampir semua produk-produk peraturan daerah (Perda) dapat terselesaikan dengan baik. 

"2023 paling kendala ada sedikit. APBD induknya banyak yang diluncurkan kembali pada perubahan, sehingga banyak kegiatan yang tertunda. Tapi karena ini mekanisme yang harus dilalui, ya kami tidak berani melanggar sehingga tetap jalan. Tetapi mengenai produk-produk dari peraturan daerah semuanya dapat terselesaikan," ungkapnya. 

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang Akibatkan Banjir Luapan, Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Banyumas

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banyumas Supangkat mengatakan, sepanjang tahun 2023 kinerja anggota dewan di Banyumas sangat maksimal. 

"Selama tahun 2023 kinerja anggota dewan itu sangat maksimal, hampir semua Raperda itu terselesaikan," katanya. 

Akan tetapi masih harus ditingkatkan pada fungsi pengawasan. 

BACA JUGA:Tahun Ini, Hanya Pasang Satu Palang Pintu Permanen Perlintasan Sebidang KA di Desa Kuntili, Banyumas

"Kemudian tugas-tugas yang menjadi kewajibannya cuma memang masih di fungsi Pengawasan ini memang perlu ditingkatkan. Kalau saya lihat begitu, karena masih banyak sekali beberapa infrastruktur yang kadang pelaksanaannya tidak maksimal," jelasnya. 

Selain itu, masih banyak pembangunan infrastruktur yang harus di selesaikan, kemudian ditambah hutang Pemerintah Daerah yang harus di bayar. 

"Dan memang kita uangnya tersedot banyak sekali. Kita persiapan pemilu sampai Rp. 51 Miliar untuk pemilu dan pilkada, kemudian kita harus bayar hutang Rp. 70 Miliar. Kemudian kita harus menyiapkan beberapa infrastruktur yang memang harus kita selesaikan," beber Supangkat. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Pastikan Pasokan BBM di Jawa Tengah Aman!

Infrastruktur tersebut menurutnya, seperti pembangunan Gedung Dewan di Jalan Bung Karno, serta pembangunan masjid seribu bulan. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: