Pembangunan Embung Sawangan, Ajibarang Masuk Finishing

Pembangunan Embung Sawangan, Ajibarang Masuk Finishing

Masuk finishing, pekerja terus menyirami lahan di kawasan Embung Sawangan, Kecamatan Ajibarang agar tidak tandus, Jumat (29/12/2023).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jelang tutup tahun 2023, pembangunan Embung Sawangan Kecamatan Ajibarang sudah masuk finishing.

Pantauan Radarmas pada Jumat (29/12/2023), embung dengan diameter sekitar 120 meter dengan kedalaman delapan meter yang dibangun dengan dana pemerintah pusat tersebut sudah mulai dikunjungi warga. Dibuat konsep layaknya tempat wisata, Embung Sawangan menjadi ruang terbuka baru di wilayah Ajibarang.

Pekerja embung, Karno mengatakan, yang masih perlu dilengkapi yaitu penambahan tiang lampu penerangan yang saat ini baru terpasang 13 buah. Sepengetahuannya total ada sekitar 30 tiang lampu penerangan yang nantinya dipasang di Embung Sawangan.

"Untuk sekarang sementara instalasi lampu belum menyala. Untuk listrik sudah ada," katanya.

BACA JUGA:Identitas Pelaku Pembunuhan Wanita di Tobong Bata Pliken Dikantongi, Polisi Lakukan Pengejaran

BACA JUGA:Tidak Kuat Berenang, Seorang Pemuda Tewas Tenggelam di Saluran Induk Sungai Serayu Kebasen

Karno menjelaskan, Embung Sawangan memilikik diameter hingga 120 meter dengan kedalaman sekitar delapan meter. Dilengkapi pagar pengaman, di sekeliling embung juga dibangun lima gazebo. Fasilitas pendukung lainnya yaitu tersedianya mushola dan empat toilet dilengkapi dengan sumur bor dan tandon air. 

"Kalau sore sudah mulai ramai, ada yang berjualan. Malam tahun baru mungkin lebih ramai," terang dia.

Disinggung terkait imbas pembangunan Embung Sawangan bagi warga sekitar, dirinya yang merupakan warga Sawangan merasakan banyak nilai positif. Selain dapat menjadi potensi wisata baru di Ajibarang khususnya Desa Sawangan, kehadiran embung juga menambah nilai tanah-tanah warga disekitarnya.

"Ke depan mungkin untuk akses jalan ke embung dapat ditingkatkan," pungkas Karno. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: