Pengelola Wisata di Cilacap Diminta Utamakan Keselamatan

Pengelola Wisata di Cilacap Diminta Utamakan Keselamatan

Pengunjung wisata pantai di Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Musim liburan telah tiba, sejumlah tempat wisata di Kabupaten CILACAP turut ramai dikunjungi wisatawan, khususnya wisata pantai. 

Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di wisata pantai, Basarnas Cilacap meminta pengelola objek wisata untuk menyediakan alat pelindung maupun perlengkapan untuk keamanan pengunjung. 

Humas Basarnas Cilacap Syaiful Anwar mengatakan, sudah semestinya masing-masing pengelola wisata mementingkan keselamatan pengunjung. Selain di objek pantai juga objek sungai. 

"Masing-masing pengelola perlu menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi wisatawan," kata dia.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Kabupaten di Cilacap Membutuhkan Anggaran Rp 800 Miliar

BACA JUGA:Hari ke-11 Pelipatan di Cilacap, 4.200 Surat Suara Ditemukan Rusak

Selain itu, perlu dipasang papan himbauan di titik-titik yang rawan. Seperti papan informasi tentang kedalaman laut, pelampung, dan lainnya.

Saiful mengatakan, petugas keamanan juga harus disiagakan nonstop 24 jam. Terlebih saat ini hampir semua objek wisata pantai maupun sungai belum memiliki perahu karet untuk penyelamatan.

"Jika jaga 24 jam nonstop, petugas bisa segera melakukan pertolongan jika terjadi kecelakaan. Selain itu, mereka juga bisa melakukan permintaan untuk dibantu menyediakan perahu karet ke Basarnas," ujarnya.

Sementara itu, jumlah pengunjung di tempat wisata pantai Cilacap saat libur Natal 2023 membludak. Seperti di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Menurut Siti, salah satu penjaga tiket, jumlah wisatawan yang masuk per harinya mencapai 2 ribu pengunjung. Jumlah tersebut dinilai naik 2 kali lipat dibandingkan hari biasanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: