Dampak El Nino, Hujan di Wilayah Cilacap Kembali Berhenti

Dampak El Nino, Hujan di Wilayah Cilacap Kembali Berhenti

Ilustrasi kondisi cuaca mendung di wilayah Kecamatan Kroya.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan sempat mengguyur wilayah Kabupaten CILACAP dan sekitarnya pada akhir November 2023 lalu. Namun saat ini, kondisi cuaca umumnya masih cerah dan tidak ada hujan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, dari pantauan data hujan sudah hampir 10 harian dan bahkan lebih tidak terjadi hujan di Cilacap.

"Terutama pada dasarian ke 2 atau tanggal 11 hingga 20 Desember 2023 ini," kata dia, Kamis (21/12/2023).

Dikatakan Teguh, pada dasarian pertama tanggal 1 hingga 10 Desember 2023, hujan sudah sering terjadi dan hampir merata. Namun berhenti kembali di dasarian 2.

BACA JUGA:Cilacap Supermarket Bencana, BPBD Cilacap Susun Delapan Inovasi Mitigasi Bencana

BACA JUGA:Tingkat Pengangguran di Cilacap Masih Tinggi Capai 91.510 Orang

"Ke depan, terdapat potensi hujan kembali sekitar tanggal 25 Desember 2023 sampai akhir bulan terutama di Jawa," ujar Teguh.

Teguh menjelaskan, kejadian ini terjadi karena masih ada El Nino moderat, indek dipolemode yang positif sehingga menyebabkan kurangnya curah hujan yang terjadi.

Selain itu, pada beberapa hari yang lalu juga terjadi badai tropis di perairan Philippina. Sehingga awan hujan tertarik ke arah utara sekitar badai.

"Untuk mundur atau tidak musim hujan, nanti dievaluasi di update info di akhir bulan Desember," katanya. 

Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau agar pemangku kebijakan dan masyarakat untuk siap siaga menjelang musim penghujan. Dikhawatirkan akan menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor serta angin puting beliung. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: