8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ini 8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui-Freepik-

BACA JUGA:Waktu yang Tepat untuk Olahraga Yoga, Begini Penjelasan Lengkapnya!

7. Mengurangi Nyeri pada Bagian Belakang

Salah satu manfaat berenang yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian belakang. Studi menunjukkan bahwa berenang, jika dilakukan dengan teknik yang benar dan secara teratur, dapat mengurangi beban pada tulang belakang, sehingga gejala nyeri dapat mereda secara bertahap.

Gaya renang yang direkomendasikan untuk meredakan nyeri punggung meliputi gaya bebas dan gaya punggung.

8. Mengurangi Peradangan pada Sendi

Berenang juga memiliki manfaat dalam mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada sendi, sehingga aman dan bahkan disarankan untuk penderita arthritis. Penelitian lain juga mencatat bahwa orang dengan osteoporosis yang rutin berenang dapat mengalami penurunan intensitas nyeri pada sendi.

Jika Anda baru memulai kegiatan berenang secara teratur, disarankan untuk tidak memaksakan diri dengan berenang dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, tingkatkan intensitas berenang secara bertahap, hingga mencapai setidaknya 30 menit per hari, 3–5 kali seminggu.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan merasa ragu apakah tubuh Anda dapat menanggung aktivitas berenang, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menghindari potensi cedera dan memastikan manfaat berenang diperoleh secara optimal. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: