8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ini 8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui-Freepik-

Durasi berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Dengan demikian, berenang dapat menjadi pilihan olahraga yang efektif bagi mereka yang bertujuan menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga ini juga dapat menjadi salah satu metode untuk membentuk perut yang lebih ramping.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat berenang yang sangat terkenal adalah menjaga kesehatan jantung. Aktivitas ini dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

BACA JUGA:Ini Daftar Hotel di Magelang yang Ada Kolam Renangnya

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Terjangkau di Semarang dengan Fasilitas Kolam Renang

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berenang secara teratur selama 8 minggu dapat mengurangi tekanan darah pada individu yang menderita hipertensi, sambil meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, risiko terkena penyakit jantung dan stroke dapat diminimalkan.

5. Mengurangi Stres

Stres adalah kondisi yang umumnya dialami oleh hampir setiap individu. Berenang dapat menjadi salah satu metode untuk mengatasi stres. Penelitian telah mengungkapkan bahwa berenang memiliki kemampuan untuk merilekskan otot-otot tubuh, menciptakan perasaan relaksasi.

Selain itu, ketika berolahraga, otak melepaskan bahan kimia seperti endorfin, dopamin, dan serotonin, yang dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian terhadap individu yang mengalami insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah tidur, mencoba berenang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari.

BACA JUGA:Inilah 4 Olahraga yang Cocok untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: