Tips Bermain Catur Jitu untuk Para Pemula

Tips Bermain Catur Jitu untuk Para Pemula

Beberapa tips jitu yang bisa dilakukan saat bermain catur khususnya untuk pemula.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Permainan catur merupakan olahraga otak yang membutuhkan perhitungan yang matang di setiap langkahnya. Saat bermain catur, kita perlu untuk mempelajari strateginya.

Selain itu kita juga harus tau cara untuk mengenali setiap gerakan agar bisa membaca gerakan lawan. Hal tersebut dilakukan agar bisa memenangkan permainan.

Buat kamu masih yang pemula dalam permainan catur dan ingin mempelajari tekniknya, dibawah ini adalah 5 tips bermain catur untuk para pemula yang bisa kamu ikuti. Silakan disimak !

BACA JUGA:Perbedaan Bola Tangan dan Bola Voli yang Perlu Kamu Tahu

BACA JUGA:Kesalahan Saat Bermain Badminton yang Sering Dilakukan Pemula

5 Tips Bermain Catur Jitu untuk Para Pemula

1. Langkah pembuka menentukan

Gerakan pembuka akan menentukan sisa permainan, apakah gerakan itu akan mengarahkan kamu ke serangan pertama atau akan membantu kamu dalam mengontrol bagian tertentu papan catur. Cara terbaik seorang pemula untuk belajar merencanakan langkah yaitu dengan berlatih menggunakan langkah-langkah pembuka umum.

2. Pikirkan 4 sampai 5 langkah ke depan

Seperti yang kita tau, catur adalah sebuah permainan strategi. Oleh karena itu, saat bermain catur, kita harus selalu memikirkan 4 sampai 5 langkah ke depan dan juga membentuk serangan jangka panjang saat bermain catur.

BACA JUGA:Pecatur Muda Cilacap Raih Medali Perak dalam Asian Youth Chess Championship

BACA JUGA:Praporprov Cabor Catur di Cilacap, Banyumas Kirimkan 12 Atlet

3. Kendalikan bagian tengah papan catur 

Saat bermain catur, penting bagi kita untuk mengontrol bagian tengah papan, terutama bagian empat kotak di tengah papan. Dengan begitu, kita akan bisa membangun serangan, mengontrol kecepatan dan juga mengontrol arah permainan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: