Sempat Putus Kontrak, Penyempurnaan Gedung DPRD Baru Akhirnya Selesai

Sempat Putus Kontrak, Penyempurnaan Gedung DPRD Baru Akhirnya Selesai

Proyek penyempurnaan gedung DPRD Purbalingga baru akhirnya selesai dikerjakan.-ADITYA/RADARMAS -

PURALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sempat putus kontrak dan kembali dilanjutkan, tahun ini, pembangunan lanjutan gedung baru DPRD Kabupaten Purbalingga, akhirnya selesai. pembangunan lanjutan yang sempat putus kontrak tersebut, selesai pada 11 Desember 2023 lalu. 

Ditandai dengan Provisional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Sementara Pekerjaan dari rekanan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga.

Kepala DPUPR Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo mengatakan, pekerjaan lanjutan sudah sepenuhnya selesai. 

"Sudah selesai, serta sudah dilaksanakan PHO pada tanggal 11 Desember 2023 lalu," katanya kepada Radarmas.

BACA JUGA:Sudah 50 Persen Lebih, Optimis Pembangunan Lanjutan Gedung DPRD Purbalingga Baru Selesai Tepat Waktu

Namun, perlu dilakukan penyelesaian pekerjaan untuk lingkungan gedung DPRD baru. Diketahui, pembangunan lanjutan tahun ini berupa penyempurnaan gedung DPRD di lantai dua. Yakni, pemasangan elektrikal, termasuk pemasangan AC atau pendingin udara.

Selain itu, juga ada pekerjaan penyempurnaan kecil di beberapa bagian lainnya. Yakni, mulai perbaikan lantai satu yang ambles dan perbaikan plafon.

"Semuanya sudah selesai. Alat yang harus didatangkan dari luar negeri juga sudah terpasang. Semua sudah dilakukan ujicoba dan tak ada masalah," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada pelaksana pekerjaan adalah CV Queen dari Kabupaten Banyumas. Kontrak pekerjaan dimulai tanggal 14 Juli 2023, hingga 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Sempat Tak Sesuai Target, Pembangunan Gedung DPRD Purbalingga Baru Sudah Surplus 2,078 Persen

Nilai kontrak pembangunan lanjutan gedung DPRD baru ini adalah Rp 6,627 miliar. Sedangkan pagu anggaran pada APBD Kabupaten Purbalingga adalah Rp 7,331 miliar.

Dengan nilai kontrak tersebut, terjadi penghematan anggaran sebesar Rp 703,925 juta. Diketahui, tahun lalu, pekerjaan penyempurnaan gedung DPRD dinyatakan putus kontrak. Karena rekanan tak mampu menyelesaikan.

Ditambahkan, untuk menyelesaikan pembangunan gedung DPRD termasuk penataan lingkungan membutuhkan dana Rp 10 miliar. Rencananya, tahun depan akan diselesaikan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: