Begini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Begini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Begini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga!-U By Prodia -

BACA JUGA:Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

5. Mengurangi Tegang dan Nyeri Otot dan Kesehatan Tulang

Pemanasan sebelum berolahraga membawa manfaat besar dalam mengurangi rasa tegang, nyeri otot, dan menjaga kesehatan tulang serta sendi. Otot yang sudah dihangatkan akan lebih mudah bergerak, mengurangi kemungkinan terjadinya ketegangan otot yang bisa menyebabkan rasa sakit setelah berolahraga.

Selain itu, pemanasan sebelum aktivitas fisik juga memberikan perlindungan kepada tulang dan sendi. Ini terjadi karena pemanasan meningkatkan rentang gerak sendi serta memelihara kinerja dan fleksibilitasnya. Ini berarti bahwa tubuh Anda lebih siap untuk melakukan gerakan yang melibatkan sendi-sendi, sehingga mengurangi risiko cedera dan menghindari rasa tegang pada otot dan tulang setelah olahraga.

Tak hanya itu, pemanasan juga dapat memberikan pelumas tambahan pada sendi, terutama pada aktivitas yang membutuhkan beban pada bagian tubuh tertentu seperti lutut atau punggung. Aktivitas peregangan tulang belakang, misalnya, dapat efektif dalam mencegah risiko cedera pada punggung dan menjaga kesehatan tulang belakang Anda.

Pemanasan sebelum berolahraga bukan hanya membantu dalam mempersiapkan otot, tetapi juga melindungi sendi-sendi dan tulang. Dengan meningkatkan rentang gerak, fleksibilitas, dan memberikan pelumas tambahan pada sendi, Anda dapat mengurangi risiko cedera. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: