Air Limbah Pabrik Masuk ke Kali Welaki, Ajibarang

Air Limbah Pabrik Masuk ke Kali Welaki, Ajibarang

Kondisi Kali Welaki di wilayah Grumbul Kedungmeong pada Senin (18/12/2023) tampak sedikit berbusa pada aliran airnya.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS, mengeluhkan air limbah pabrik yang masuk ke Kali Welaki di Grumbul Kedungmeong.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Ajibarang, Isna Maulida SIp mengatakan, di wilayah Desa Pandansari ada pabrik yang air limbahnya masuk ke Kali Welaki. Masyarakat Grumbul Kedungmeong juga sempat komplain karena air Kali Welaki juga digunakan oleh masyarakat di sekitar lokasi untuk Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

"Dulu air dari Sungai Welaki sempat digunakan untuk wisata tubing yang dikelola oleh Karang Taruna Ajibarang Kulon. Tapi karena tercemar kotor akhirnya dihentikan," katanya.

Isna yang juga merupakan warga Desa Pandansari, menyoroti kondisi drainase dari tikungan pojok depan rumah makan padang ke barat. Kondisi saat ini untuk drainase di sebelah kanan dan kiri jalan sebagian tampak mulai ambrol. Bahkan yang di tepi sebelah selatan, kondisi jalan sudah agak miring.

BACA JUGA:Tim Pokja Kaji Isu Lingkungan Dalam KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Ajibarang

BACA JUGA:Banyak Kades di Banyumas Diduga Langgar Netralitas, Bawaslu Maksimalkan Pencegahan

"Ini sangat mengkhawatirkan. Takutnya ketika semua ambrol sekalian menutup drainase," ungkapnya.

Dilanjutkan, untuk pembangunan bangunan pelengkap berupa talud Jalan Pandansari-Karangklesem senilai Rp 197 juta dari APBD Perubahan yang dikerjakan sejak 6 November hingga 20 Desember mendatang merupakan pembangunan ke arah utara.

"Ini yang ke arah barat. Ke arah jembatan timbang Ajibarang belum dibangun," pungkas Isna. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: