Cara Mengontrol Emosi Supaya Tidak Meledak-Ledak

Cara Mengontrol Emosi Supaya Tidak Meledak-Ledak

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi agar tidak meledak-ledak.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Di tengah menjalani sebuah aktivitas, terkadang kita pasti akan menjumpai sebuah atau bahkan beberapa masalah. Masalah tersebut mungkin akan membuat kita merasa stress, jengkel, atau bahkan marah. 

Emosi yang kita keluarkan merupakan respon yang normal terjadi selama dalam batas wajar. Namun, apa yang terjadi bila emosi kita makin meledak-ledak dan sulit untuk dikontrol ?

Tentunya hal tersebut bisa menjadi pengaruh buruk bagi diri sendiri apalagi dalam hal kesehatan. Bahkan emosi yang terlalu meledak-ledak bisa jadi memperburuk hubungan dengan orang disekitar kita seperti keluarga dan teman-teman. 

Oleh karena itu, kita perlu untuk mengetahui cara mengontrol emosi. Lalu, bagaimana cara mengontrol emosi supaya tidak meledak-ledak ? Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengontrol emosi yang bisa dicoba.

BACA JUGA:Inilah Tanda-Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

BACA JUGA:Tips agar Anak Tidak Mengalami Speech Delay alias Terlambat Bicara

1. Mencoba Untuk Tetap Diam 

Ketika kita sedang dilanda rasa marah, biasanya kita akan kesulitan untuk mengontrol kata-kata yang terucap dari mulut. Perkataan-perkataan tersebut hanya sebenarnya hanya akan memperparah keadaan karena bisa jadi kita justru memancing emosi orang lain juga. 

Untuk mencegah hal itu, sebaiknya saat sedang marah kita mencoba untuk tetap diam dan coba berikan waktu sejenak untuk diri kita mengatasi emosi.  

2. Mencoba Untuk Tersenyum

Cara mengontrol emosi yang bisa juga dilakukan selanjutnya adalah tersenyum. Hal ini karena tersenyum dapat membantu untuk mengurangi peningkatan rasa emosi di dalam diri kita.

Tentu saja sebagian dari kalian pasti berfikir bahwa cara ini terasa abu-abu, namun percayalah dengan tersenyum dapat membuat otak merespon dan menyesuaikan emosi kita. Hal ini tentu sajaberguna untuk mencegah kita menjadi emosi yang berlebihan.

BACA JUGA:Tips Public Speaking Untuk Kaum Introvert

BACA JUGA:Cara Meredakan Nyeri Haid yang Aman & Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: