7 Rekomendasi Makanan Mengandung Kolagen yang Bagus untuk Kulit

7 Rekomendasi Makanan Mengandung Kolagen yang Bagus untuk Kulit

Makanan Mengandung Kolagen-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Makanan mengandung kolagen dapat dengan mudah ditemukan, beberapa di antaranya menjadi bagian dari menu sehari-hari. Mengonsumsinya memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk pencegahan kerutan pada kulit dan masalah pengeroposan tulang.

Kolagen merupakan suatu jenis protein yang terdapat dalam kulit, tulang, tendon, otot, dan ligamen. Meskipun tubuh memiliki kemampuan untuk memproduksi kolagen secara alami, namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen oleh tubuh cenderung menurun.

Terdapat 7 jenis makanan mengandung kolagen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan mengandung kolagen, karena protein ini memiliki peran signifikan dalam berbagai fungsi tubuh. Fungsi tersebut mencakup menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mencegah pengeroposan tulang, dan mendukung kesehatan jantung.

Untuk meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung kolagen yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

BACA JUGA:Buah yang Bermanfaat untuk Membantu Mencerahkan Kulit

BACA JUGA:Awas! Ini 6 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Merusak Kulit

1. Ayam 

Rekomendasi makanan mengandung kolagen yang pertama yaitu ayam. Jika Anda mengonsumsi daging ayam, produksi kolagen dalam tubuh dapat ditingkatkan. 

Karena daging ayam kaya akan protein dan asam amino, yang esensial untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Bagian dari daging ayam yang memiliki kandungan kolagen tinggi termasuk kaki atau ceker, leher, dan tulang rawan.

2. Kaldu Tulang

Selain daging ayam, kaldu tulang juga merupakan salah satu jenis makanan mengandung kolagen dalam jumlah yang tinggi. Ini disebabkan oleh adanya jaringan ikat pada tulang yang, ketika direbus, menghasilkan kolagen bersama dengan nutrisi lain seperti asam amino, magnesium, dan fosfor. 

Perlu diingat bahwa kandungan kolagen dalam kaldu tulang bervariasi tergantung pada kualitas tulang yang digunakan, termasuk tulang sapi, tulang kambing, tulang ayam kalkun, dan tulang ayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: