Antisipasi Gerusan Sungai Pelus, DPU Pasang 400 Buah Kubus Beton

Antisipasi Gerusan Sungai Pelus, DPU Pasang 400 Buah Kubus Beton

Penutupan Jalan Senopati jembatan sungai Pelus, pada Februari 2023 lalu. Jalan tersebut akan kembali ditutup sementara, karena adanya aktifitas pemasangan Kubus Beton di bawah jembatan pada Senin malam (11/12/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, bakal melakukan pekerjaan stabilisasi Jembatan Sungai Pelus Jalan Senopati Kelurahan Arcawinangun dari tanggal 13 - 20 Desember. Hal itu sebagai bentuk antisipasi terjadinya gerusan disaat musim penghujan seperti saat ini. 

"Untuk sementara pengguna jalan agar tidak melintasi Jembatan Sungai Pelus pada jam 21.00 - 04.00," kata Kepala DPU Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo.  

Ia menuturkan, ada beberapa gerusan yang diakibatkan oleh hujan yang semakin intens. Meski begitu tim teknis dari Unsoed, menilai kondisi jembatan masih stabil. 

BACA JUGA:Dalam Sepekan, Dua Kasus Penjambretan Terjadi di Cilacap, Ini Langkah Polresta Cilacap

"Ada beberapa gerusan. Masih stabil, analisa Unsoed masih bagus. Di musim hujan yang ekstrem  gerusan dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar, dan ini kita perlu antisipasi," paparnya. 

Sebagai langkah antisipasi 400 kubus beton akan dipasang di area jembatan. Upaya itu diharapkan bisa mengantisipasi gerusan.

"Teknik pelaksanaanya akan ditanam disitu. Kita akan tetap memperhatikan pengguna jalan, oleh karenanya pekerjaan kita lakukan di malam hari," paparnya. 

BACA JUGA:Aksi Vandalisme Alat Peraga Kampanye Muncul di Desa Krajan, Pekuncen, Banyumas

Pihaknya menyampaikan permohonan maaf jika pengguna jalan tidak nyaman karena adanya pekerjaan tersebut, sehingga dilakukan penutupan sementara pada jam-jam tertentu. 

"Ada ketidaknyamanan sedikit tapi ini demi keamanan seluruh pihak," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: