Tak Kalah Enak dengan Rasanya, Ini 5 Manfaat Jus Semangka bagi Tubuh

Tak Kalah Enak dengan Rasanya, Ini 5 Manfaat Jus Semangka bagi Tubuh

Manfaat Jus Semangka-Freepik-

5. Mempertahankan Kesehatan Mata

Selain memberikan warna cerah pada jus semangka, likopen juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini dapat mencegah atau melambatkan pembentukan katarak dan diyakini dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Manfaat jus semangka untuk mata juga didukung oleh kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan retina dan kemampuan penglihatan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Semangka dikenal mengandung asam amino citrulline yang dapat mengurangi penumpukan laktat, yang merupakan penyebab nyeri otot. Selain itu, senyawa ini juga mendukung produksi nitrogen oksida untuk meningkatkan aliran darah dan fungsi otot.

Ragam manfaat jus semangka tidak hanya terdapat pada daging buahnya, tetapi juga pada bijinya. Biji semangka kaya akan magnesium, folat, dan asam lemak yang penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal. Oleh karena itu, disarankan untuk menyertakan biji semangka saat membuat jus, misalnya dengan menggunakan blender.

Dalam proses pengolahan jus semangka, sebaiknya hindari penambahan gula atau susu kental manis. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kalorinya tetap terkendali. Pemilihan semangka yang matang sempurna, ditandai dengan adanya bercak kuning atau krem pada kulitnya, serta berat buah yang sesuai, dapat memastikan rasa manis tanpa tambahan gula. 

Mengingat segudang manfaat jus semangka yang telah disebutkan di atas, menjadi pilihan bijak untuk menjadikannya sebagai minuman rutin. Namun, bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes atau sindrom iritasi usus besar, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jus semangka secara teratur. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: