Awas! Ini 6 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Merusak Kulit

Awas! Ini 6 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Merusak Kulit

Kesalahan Mencuci Muka-Freepik-

Para dermatolog merekomendasikan penggunaan losion pembersih yang lembut dan menghidrasi untuk kulit yang normal hingga kering. Sementara itu, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi, disarankan untuk memilih pembersih berbusa atau gel yang memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Cara Membilas Wajah yang Tidak Tepat 

Kesalahan mencuci muka berikutnya yang tanpa sadar bisa merusak kulit adalah membilas dengan cara salah. Setelah membersihkan wajah menggunakan sabun atau produk pembersih khusus, pastikan untuk melakukan pembilasan secara menyeluruh dan benar. Penting untuk menghindari meninggalkan sisa kotoran atau residu produk di sekitar wajah, karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori.

BACA JUGA:Konsumsi Bahan-Bahan Ini untuk Mengatasi Penuaan Dini pada Wajah

BACA JUGA:Seperti Inilah Mengatasi Mata Panda Pada Wajah yang Bisa Menganggu Penampilan

Untuk mencapai hasil yang optimal, mulailah membilas wajah dari dekat garis rambut dan teruskan hingga mencapai daerah sekitar rahang. Pastikan juga membersihkan sela-sela hidung untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin tersembunyi.

4. Menggosok Wajah dengan Handuk Terlalu Kuat

Setelah mencuci wajah, segera keringkan dengan handuk. Meskipun mungkin tergoda untuk menggosok wajah dengan handuk agar cepat kering, hindari melakukan gesekan yang terlalu keras, karena hal ini dapat membahayakan kulit. Menggosok wajah terlalu keras dengan handuk dapat memengaruhi elastisitas kulit karena tarikan dan gesekan yang berlebihan.

Sebagai alternatif, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk hingga kering. Untuk menghindari kesalahan mencuci muka ini, penting untuk memilih handuk yang terbuat dari bahan yang lembut agar tidak merusak atau melukai kulit. 

5. Menggunakan Air Panas saat Membilas Wajah

Membersihkan wajah menggunakan air panas termasuk salah satu kesalahan mencuci muka yang bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rusak. Sebagai alternatif, disarankan untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan sisa makeup sebelum tidur di malam hari, daripada menggunakan air panas.

BACA JUGA:Tips Mencerahkan Kulit Wajah Dengan Alami dan Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: