Satu Keluarga di Bantarsari, Cilacap Keracunan Setelah Menyantap Olahan Jamur Merang

Satu Keluarga di Bantarsari, Cilacap Keracunan Setelah Menyantap Olahan Jamur Merang

Tiga korban yang diduga keracunan setelah menyantap olahan jamur merang saat mendapatkan perawatan di Puskesmas Bantarsari, Kamis (7/12/2023).-Hari Winarno Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Satu keluarga di Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten CILACAP, mengalami kondisi yang mengarah keracunan. Setelah menyantap jamur merang yang diambil dari pekarangan di sekitar rumah, Kamis (6/12/2023).

Awalnya Sigit Maulana (53), selaku kepala keluarga mengambil jamur merang yang tumbuh di sekitar pekarangan dimana mereka sudah terbiasa mengkonsumsi jamur tersebut.

Kemudian oleh Munijah (44) selaku istri, jamur merang tersebut diolah menjadi masakan yang kemudian disantap oleh seluruh anggota keluarga. Yaitu Intan (25), Putri (17) serta Sigit Maulana sendiri.

"Selang satu jam seluruh keluarga mengalami muntah-muntah serta buang air. Sehingga para korban dilarikan ke Puskesmas terdekat," kata Camat Bantarsari Hari Winarno kepada Radarmas, Jumat (8/12/2023).

BACA JUGA:Antre Isi BBM di Dermaga 3 PPSC, Kapal Nelayan di Cilacap Terbakar

BACA JUGA:TJKPD Cilacap Temukan Zat Berbahaya Pada Bahan Makanan di Sejumlah Pasar Tradisional

Menurut Hari, jamur merang tersebut mestinya tidak beracun karena masyarakat terbiasa mengkonsumsi. Namun, masih didalami terkait penyebab keluarga tersebut mengalami keracunan.

"Hingga saat ini 3 korban yaitu Munijah, Intan dan Putri masih dirawat di Puskesmas dengan kondisi berangsur membaik. Sedangkan kepala keluarga dilakukan rawat jalan," lanjutnya.

Untuk mengetahui penyebab pasti gejala keracunan korban, pihak puskesmas telah mengambil sampel jamur untuk diteliti di laboratorium serta melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: