Fenomena Pelajar Naik di Atap Mobil Saat Berangkat dan Pulang Sekolah, Dinhub Banyumas Wacanakan Sosialisasi

Fenomena Pelajar Naik di Atap Mobil Saat Berangkat dan Pulang Sekolah, Dinhub Banyumas Wacanakan Sosialisasi

Seorang pelajar bersantai di atap angkutan Pedesaan yang berjalan di jalan KH. Ahmad Dahlan, Larangan, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Rabu Siang (6/12/2023). Bergelantungan di pintu, hingga naik ke atap kemdaraan umum masih kerap dilakukan para pelajar di -DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas mewacanakan akan melakukan sosialisasi dan edukasi. Terhadap pelajar yang masih nekat menaiki atap angkutan umum saat berangkat dan pulang sekolah. 

Kasi Dalops Dinhub Banyumas, Tomi Luqman Hakim mengatakan, sosialisasi dan edukasi tersebut akan dilakukan dengan menyasar sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan. 

"Kemarin sudah ada wacana sosialiasi, bukan hanya yang naik di atap angkutan umum, tetapi anak-anak yang juga sering nebeng di truk tronton atau truk-truk besar," katanya, Kamis (7/12/2023). 

BACA JUGA:Ayam Puger di Lampu Hias, Brand Banyumas Kota Lama

Dijelaskan, sosialisasi dalam waktu dekat ini akan dikakukan bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Pangebatan Karanglewas. 

"Kami biasanya selalu patroli ke arah selatan, seperti Jatilawang dan Rawalo, dan itu masih kita dapati pelajar yang naik di atap," lanjutnya. 

Selain memberikan pembinaan saat mendapati hal tersebut, sopir angkut juga diberi teguran. 

BACA JUGA:Alami Laka Tunggal di Banyumas, Pelajar Tewas Setelah Sepeda Motor Oleng dan Masuk Selokan

"Kami foto mobil dan pengemudinya, kalau dua kali kedapatan kami proses laporkan ke Sat Lantas, atau kita rekomendasikan trayeknya dicabut. Tapi sampai saat ini belum ada yang kedapatan dua kali," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: