Ayam Puger di Lampu Hias, Brand Banyumas Kota Lama

Ayam Puger di Lampu Hias, Brand Banyumas Kota Lama

Lampu hias ornamen ayam puger di segmen 1 pedestrian Jalan Pungkuran-Mruyung Penataan Banyumas Kota Lama, Kamis (7/12/2023)-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada yang identik dalam penataan BANYUMAS Kota Lama. Semua lampu hias di tiga segmen terdapat ornamen ayam puger.

Project Manager Penataan Banyumas Kota Lama Riur Pandapotan menjelaskan lampu hias di semua segmen mengikuti desain yang sudah ada. Seperti di komplek Bale Adipati Mrapat Kecamatan Banyumas.

"Lampu hias sudah sounding dari tim perencana, di Banyumas ayam puger," jelas Riur, Kamis (7/12/2023).

BACA JUGA:Alami Laka Tunggal di Banyumas, Pelajar Tewas Setelah Sepeda Motor Oleng dan Masuk Selokan

Lampu hias ornamen ayam puger dalam proses pemasangan di tiga segmen Penataan Banyumas Kota Lama. Koridor satu pedestrian Jalan Pungkuran-Mruyung, koridor 2 komplek Kecamatan Banyumas dan koridor 3 kawasan Alun-alun Banyumas.

Terpisah, Sub Koordinator Purbakala dan Permusiuman Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Arif Rachman menyampaikan ayam puger pada lampu hias merupakan brand Banyumas Kota Lama.

"Lampu-lampu di daerah lain banyak. Banyumas harus punya khas sendiri, ayam puger diambil dari kearifan lokal," papar Arif.

BACA JUGA:Delapan Perupa Purwokerto Pamerkan Karyanya Mencari Kolektor Seni

Ayam puger adalah motif batik lawas yang dimiliki Banyumas. Akan tetapi, sekarang kurang berkembang.

Oleh karena itu, ayam puger dijadikan salah satu ciri khas pada lampu di Banyumas Kota Lama. Harapannya, bisa dikenal masyarakat luas. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: