Musim Hujan dan Libur Nataru, Dinporabudpar Banyumas Siapkan Mitigasi Bencana di Objek Wisata

Musim Hujan dan Libur Nataru, Dinporabudpar Banyumas Siapkan Mitigasi Bencana di Objek Wisata

Direktur BLUD dan Kepala UPT Baturraden melakukan peninjauan salah satu wahana yang ada di dalam kawasan wisata Baturraden, awal November lalu (dok. 1/11/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Pada musim penghujan saat ini dan saat melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Banyumas. 

Pemkab Banyumas melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas siapkan mitigasi bencana di objek wisata

Kabid Pariwisata Dinporabupdar Banyumas, Wardoyo mengatakan, untuk pengecekan 75 objek wisata menyambut Nataru saat ini masih berjalan. 

BACA JUGA:Puluhan Ribu Jemaah Mafia Selawat Abah Ali Penuhi Alun- Alun Purbalingga

"Untuk hasilnya sampai dengan saat ini masih satu kali pengecekan lagi (pengecekan terakhir hari ini, red)," katanya. 

Dijelaskan, dari situasi dan kondisi objek wisata yang dicek, diperlukan beberapa rambu keselamatan. 

"Terkait dengan rambu keselamatan bencana atau keselamatan pengunjung perlu ditambah. Dan membuat posko kesiap-siagaan masing-masing, serta menyiapkan obat-obatan P3K dan tandu," jelas Wardoyo. 

BACA JUGA:Jelang Nataru, Lonjakan Inflasi Perlu Diantisipasi

Hal tersebut diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh pengelola objek wisata, dan sebagai langkah mitigasi atau kesiap-siagaan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

"Terus kecukupan personil manakala terjadi jumlah pengunjung yang sangat banyak (saat libur Nataru, red). Jadi harus ada penambahan personil, agar semua pengunjung terlayani dengan baik," ungkapnya. 

Langkah-langkah tersebut, menurutnya, ialah upaya untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengunjung. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Pengunjung Wisata di Jetis, Cilacap Diprediksi Naik 100 Persen

"Kita selaku pengelola objek wisata, punya kewajiban menjamin keselamatan para pengunjung, minimal papan peringatan, petunjuk arah dan mitigasi bencana perlu disiapkan," sambungnya. 

Sementara, terkait prediksi pengunjung saat libur Nataru nanti, diperkirakan masih sama dengan tingkat kunjungan pada Nataru tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: