Intip 6 Fakta Kayu Eboni, Kayu Langka Asal Sulawesi yang Harganya Fantastis!

Intip 6 Fakta Kayu Eboni, Kayu Langka Asal Sulawesi yang Harganya Fantastis!

Fakta Kayu Eboni Sulawesi-Forester Act-

Fakta kayu eboni yang ketiga yaitu menjadi salah satu kayu mewah yang diminati oleh banyak orang. Selain itu, kayu eboni Sulawesi mengalami penurunan produksi, menjadikannya salah satu jenis pohon langka di Sulawesi, sama halnya dengan kayu ulin. 

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Dari Desain Rumah Kayu

BACA JUGA:7 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Online, Gratis dan Mudah Diakses

Pemerintah Indonesia, terutama di Sulawesi telah berupaya keras untuk membudidayakan pohon kayu eboni yang terus dieksploitasi secara komersial. Harga tinggi kayu eboni menjadi daya tarik bagi industri illegal logging yang masih marak di beberapa wilayah Indonesia.

Program penanaman ulang untuk meningkatkan populasi pohon kayu eboni telah dimulai beberapa tahun lalu di Sulawesi. Pada tahun 2015, catatan menunjukkan bahwa sekitar 50.000 pohon eboni ditanam di Donggala dan 7.000 hektar di Palu.

4. Keunggulan Kayu Eboni

Fakta kayu eboni yang keempat yaitu keunggulannya yang setara dengan kayu gaharu. Kayu eboni seringkali menjadi pilihan utama untuk bahan dasar furnitur kelas atas yang berkualitas tinggi. 

Proses pengolahan kayu eboni sering melibatkan seni tangan untuk menciptakan produk-produk bernilai tinggi, seperti furnitur, patung, ukiran, alat musik, kipas, kayu lapis mewah, hingga hiasan dinding.

BACA JUGA:4 Ide Desain Interior Ruang Tamu Terbaru, Agar Terlihat Modern Kekinian!

BACA JUGA:Desain Rumah Minimalis Unik dan Nyaman 2023

Di Jepang, kayu eboni sangat diminati sebagai bahan dasar untuk rumah tradisional atau rumah Jepang, bahkan hingga pilar-pilar penyangga. Kayu eboni sering dianggap sebagai simbol status sosial yang tinggi karena keindahan dan nilai harganya yang tinggi, sebanding dengan kayu cendana.

Di Sulawesi, kayu eboni juga dijadikan suvenir tangan dalam bentuk kerajinan kayu seperti hiasan perahu phinisi Sulawesi, jam dinding unik, gantungan kunci, dan patung tradisional.

5. Harganya Faktastis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: