Belum Ada Usulan SMK Baru, Cabang Dinas Pendidikan Pertimbangkan SMK Swasta Yang Sudah Ada

Belum Ada Usulan SMK Baru, Cabang Dinas Pendidikan Pertimbangkan SMK Swasta Yang Sudah Ada

Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Agus Susilo. -AAM JUNI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, mencatat sampai dengan saat ini belum ada usulan masuk pendirian SMK baru. Padahal setidaknya ada enam kecamatan yaitu Kecamatan Kembaran, Tambak, Kemranjen, Sumbang, Gumelar, dan Pekuncen yang belum mempunyai SMA atau SMK negeri. 

"Kalau Banyumas belum ada usulan SMK. Yang sudah ada itu Cilacap di Cimanggu," kata Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Agus Susilo. 

Agus menuturkan, proses pendirian SMK baru sendiri mesti melalui beberapa tahapan. Yang pertama, harus ada usulan dari pemerintah daerah. 

BACA JUGA:Longsor yang Menutup Jalur Hilir KAI di Cilongok Berhasil Dibersihkan, Sudah Mulai Dilalui Kereta Api

"Setelah itu akan dilakukan kajian," jelasnya. 

Lanjut, selain itu yang perlu diperhatikan adalah soal ketersedian lahan. Untuk bisa membangun SMK negeri baru paling tidak diperlukan sekitar delapan sampai sepuluh ribu meter persegi. 

"Untuk pertama harus menyiapkan lahan yang ada itu merupakan kewenangan pemerintah daerah," ucapnya. 

BACA JUGA:Wow, Tak Sampai 24 Jam Tanggul Jebol Tertangani Permanen

Untuk lahan sendiri ia katakan, juga harus dihibahkan ke pemerintah provinsi. Soal itu ia jelaskan, sudah menjadi mekanisme yang harus dilakukan. 

"Kita juga perlu mempertimbangkan sekolah swasta yang sudah ada," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: