Belasan Kotak Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga Ditemukan Rusak

Belasan Kotak Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga Ditemukan Rusak

Pengawasan distribusi kotak suara Pemilu 2024 oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga di gudang logistik KPU Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga menemukan ada 19 kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang rusak di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga.

"Hasil pengawasan kami di gudang logistik KPU Purbalingga ditemukan ada 15 kotak suara yang rusak pada pengiriman Minggu (3 Desember 2023, red). Serta, pada pengiriman sebelumnya juga ditemukan empat kotak suara yang rusak," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Misrad, Senin, 4 Desember 2023.

Dia menjelaskan, dari hasil komunikasi dengan sopir truk yang mengantar kotak suara ke Purbalingga. Diketahui, kerusakan belasan kotak suara terjadi saat proses distribusi kotak suara ke Purbalingga.

"Informasinya siang ini (Senin siang, red), akan datang lagi kotak suara ke gudang logistik KPU Purbalingga," lanjutnya.

BACA JUGA:Musim Hujan, Bawaslu Ingatkan Potensi Logistik Pemilu 2024 Mudah Rusak

BACA JUGA:Logistik Pemilu Tinggal Surat Suara

Dia menambahkan, saat kedatangan logistik Pemilu 2024, pihaknya melakukan pengawasan melekat di gudang KPU Purbalingga.

Hal itu dilakukan untuk memastikam tidak ada pelanggaran dalam tahapan tersebut. Termasuk, mengetahui apakah ada logistik yang rusak saat distribusi.

Terpisah Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Kabupaten Purbalingga Widyo Wibowo, mengakui, adanya kotak suara yang rusak, saat distribusi ke gudang logistik.

Terkait kotak suara yang rusak tersebut, KPU Kabupaten Purbalingga akan meminta gantinya kepada KPU RI. Selanjutnya akan dilakukab proses penggantian, dalam pengiriman selanjutnya.

BACA JUGA:Rawan Bencana di Musim Penghujan, Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Purbalingga Jadi Perhatian Khusus

Sementara itu, dari data KPU Kabupaten Purbalingga, dari total kebutuhan kotak suara sebanyak 14.856 unit. Saat ini, sudah terkirim ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Purbalingga, sebanyak 11 ribu kotak suara.

Sehingga, masih ada kekurangan 3.856 kotak suara. Serta, ditemukan 19 kotak suara yang rusak. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: