Ketersediaan Air Bersih Salah Satu Kunci Penanganan Stunting

Ketersediaan Air Bersih Salah Satu Kunci Penanganan Stunting

Serius : Rapat penanganan stunting di komplek pendapa Dipokusumo, Rabu 29 November 2023.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ketersediaan atau akses mendapatkan air bersih yang sehat dan memadai di wilayah dengan kasus stunting, ikut andil dalam penanganan stunting. Jika kualitas air buruk alias tak sehat maka dampak ke ibu hamil dan bayi tidak sehat hingga akhirnya stunting.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Purbalingga Sudono ST MT, Rabu 29 November 2023 saat acara Diseminasi Hasil Audit Kasus Stunting Tahap II Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2023 di Operational Room Graha Adiguna Purbalingga. Ia meminta kepada stakeholder tingkat kecamatan untuk memperhatikan ketersediaan akses air bersih. Khususnya pada keluarga dengan balita stunting ataupun risiko stunting.

"Dinrumkim atau Perumdam Tirta Perwira Purbalingga diharapkan dapat memfasilitasi akses air bersih bagi mereka yang masih menggunakan akses air dari sumur yang tidak memenuhi syarat," tambahnya.

Lebih lanjut diingatkan, angka Stunting Kabupaten Purbalingga per 1 Agustus 2023 sebesar 12,1 persen. Meskipun angka tersebut sudah melampaui target nasional (14 persen, red), namun Wabup meminta kasus stunting tetap terus diturunkan.

BACA JUGA:Tujuh Tahun, Stunting Purbalingga Turun Jadi 12,13 Persen

BACA JUGA:Bupati Purbalingga : Nikah Dini Picu Persoalan Stunting

"Harapan kita stunting bisa diturunkan hingga 1 digit atau di bawah 10 persen," jelasnya.

Wabup mengapresiasi kepada kecamatan-kecamatan dengan angka stunting di bawah 10 persen. Ia memastikan evaluasi stunting akan dilaksanakan setiap tiga bulan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: