Cara Mudah Mencegah Kayu Dimakan Rayap

Cara Mudah Mencegah Kayu Dimakan Rayap

Tips mudah untuk mencegah kayua agar tidak dimakan rayap.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Beberapa jenis kayu mudah ditemukan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kayu jati, kayu ulin, dan kayu sengon. 

Banyak peninggalan kayu zaman Belanda yang bisa Anda temukan, baik itu furnitur maupun berbagai alat konstruksi, baik itu pintu maupun jendela. Sayangnya, harga kayu jenis ini mahal dan tidak terjangkau oleh banyak orang saat ini. 

Inilah mengapa penggunaan kayu berkualitas rendah menjadi solusinya. Namun di balik rendahnya harga, selalu ada konsekuensi.

Selain cara lama, Anda juga bisa menggunakan cara mencegah kayu dimakan dengan bantuan berbagai produk anti rayap yang tersedia pada produk cat yang dijual di pasaran. Namun, selain berbagai cara untuk mencegah kayu dimakan rayap, ada cara mudah mencegah kayu dimakan rayap seperti dibawah ini :

BACA JUGA:Tips Mengatur Gaji Agar Aman Meski Tanggal Tua

BACA JUGA:Cara Efektif Atasi Atap Bocor Saat Musim Hujan

1. Menggunakan solar

Dahulu masyarakat sudah mempunyai cara yang efektif untuk mencegah kayu dimakan rayap, yaitu dengan menggunakan bahan bakar solar. Solar merupakan salah satu hal yang dapat membuat kayu tahan lama. 

Inilah sebabnya mengapa solar sering digunakan pada furnitur kayu. Seringkali, sebelum sepotong kayu dijadikan sebuah karya seni atau digunakan sebagai bahan bangunan, kayu tersebut ditutup dengan bahan bakar solar dan dibiarkan selama beberapa hari. 

BACA JUGA:Tips Public Speaking Untuk Kaum Introvert

BACA JUGA:Tips Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah

2. Proses pengasapan

Ada cara kuno yang dianggap tradisional untuk melindungi kayu agar tidak mudah rusak, baik oleh cuaca maupun oleh hewan seperti rayap. Proses ini menggunakan asap hasil pembakaran. 

Proses ini dimulai dari kayu yang masih segar, yaitu mentah. Kayu “mentah” tersebut masih berada dalam api yang memiliki asap cukup banyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: