Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Pemprov Jateng Siagakan Personel dan Peralatan

Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Pemprov Jateng Siagakan Personel dan Peralatan

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai meyiagakan personel dan peralatan, guna mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi di musim penghujan. -Humas Pemprov Jateng untuk Radarmas-

SEMARANG, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai meyiagakan personel dan peralatan, guna mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi di musim penghujan.  Sebab, musim penghujan sudah merata di sejumlah daerah. 

Kesiapsiagaan itu ditandai dengan apel  Kesiapsiagaan Bencana dan Pengecekan Kesiapan Peralatan Penanganan Bencana di halaman Kantor Gubernur Jateng, Senin, 27 November 2023. 

Apel yang dipimpin oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana itu diikuti oleh 200 personel dari 26 instansi dan organisasi relawan. 

Nana mengatakan, apel kesiapsiagaan bencana dilakukan untuk mengetahui kesiapan personel maupun peralatan, sebagai upaya pencegahan dalam menghadapi bencana. 

BACA JUGA:BPBD Banyumas Antisipasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Jelang Akhir Tahun

BACA JUGA:Antisipasi Bencana di Binangun Cilacap, Posko Bencana Didirikan Dirikan di Tiap Desa

"Apel ini dalam rangka untuk mengecek kembali, dan mengantisipasi kesiapsiagaan yang harus kita lakukan dalam menghadapi potensi bencana, " kata dia.

Kerawanan bencana hidrometeorologi yang biasanya terjadi adalah banjir, longsor, dan angin puting beliung. 

Nana mengaku, pemerintah  sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi potensi bencana di musim penghujan tersebut. 

Meskipun demikian, ia meminta agar masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana hidrometeorologi tetap waspada. 

BACA JUGA:Antisipasi Bencana, Karanggintung Jadi Desa Tangguh

BACA JUGA:BPBD Cilacap Siapkan Logistik, Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

"Ini semuanya dalam rangka upaya-upaya penanggulangan, kita sudah menyampaikan warning kepada masyarakat, supaya masyarakat tetap waspada,” kata dia. 

Dalam apel itu, diikuti oleh sejumlah intansi meliputi BPBD Jateng, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kementerian Pekerjaan Umum, Balai Besar Wilayah Sungai, Baznas, PMI, Layanan Inklusi Disabilitas dan ORARI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: