Pupuk yang Diduga Palsu di Banyumas Berisi Tanah

Pupuk yang Diduga Palsu di Banyumas Berisi Tanah

Ma'ruf menunjukan pupuk Mutiara 16 16 16 yang ternyata berisi tanah, Senin (27/11/2023) di rumahnya.-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Peredaran diduga pupuk palsu hebohkan Desa Watuagung Kecamatan Tambak. Sebab, fisik pupuk tidak sesuai dengan mutiara 16.16.16.

Salah satu pembeli diduga pupuk palsu, Tasikun Ma'ruf menceritakan setelah diberitahu oleh anaknya. Lalu, membuka pupuk untuk mengecek.

"Pupuk isinya tanah, teksturnya halus," jelas Ma'ruf sembari memperlihatkan butiran pupuk yang telah dihancurkan, Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:Pupuk Palsu Gegerkan Warga Watuagung Banyumas

Di wadahnya tertera tulisan Pupuk Perkebunan dan Pertanian Mutiara 16 16 16. Netto 50 kilogram. NO KEMENTAN 04.01.2022.339.

Pupuk diproduksi oleh PT. Semeru Jaya Gemilang Gresik. Pada wadahnya juga dilengkapi rincian unsur hara dan jenis pupuk pembenah tanah.

Ketika Ma'ruf membandingkan dengan pupuk NPK Mutiara asli yang masih dimiliki. Terdapat perbedaan warna, diduga pupuk palsu biru lebih tua. Sedangkan yang asli biru muda dan tekstur keras.

BACA JUGA:Limbah Pasar Ajibarang Dikeluhkan Masuk ke Irigasi Desa Pancasan

"Pasrah, mau bagaimana lagi sudah dibeli. Kebetulan memang sedang butuh untuk memupuk pohon durian, sudah waktunya pemupukan," tandas Ma'ruf.

Meski diduga pupuk palsu, Ma'ruf mencoba menaburkan ke pohon durian yang berada di sekitar rumah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: