RSUD Cilacap dan RSUD Majenang Siap Layani Caleg Stres Usai Pemilu 2024

RSUD Cilacap dan RSUD Majenang Siap Layani Caleg Stres Usai Pemilu 2024

Suasana ruang pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah di depan mata. Segala persiapan dilakukan untuk keberlangsungan pesta demokrasi ini. Termasuk spesialis kejiwaan dan psikolog di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Upaya tersebut dilakukan untuk antisipasi adanya calon legislatif (caleg) yang stres lantaran tidak terpilih. Bahkan fenomena itu hampir dipastikan akan ada usai Pemilu berakhir. 

"Kita siagakan tim dokter spesialis kejiwaan dan psikolog. Antisipasi adanya kasus seperti itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi.

Dikatakan Pramesti, tim dokter tersebut sudah disiapkan di RSUD Cilacap maupun RSUD Majenang. Bahkan jika melebihi kapasitas yang disediakan pihaknya akan melakukan rujukan ke RSUD Banyumas.

BACA JUGA:Muncul Nama Kasatpol PP dan Asisten 2 Sebagai Kandidat Pelaksana Tugas Sekda Cilacap

BACA JUGA:Pedagang Terminal Karangpucung Ajukan Syarat Kepindahan ke Lokasi Terminal Baru

"Di RSUD Cilacap sudah ada spesialis kejiwaan dan psikolog klinisnya, kita ada bangsal jiwa ada 10 tempat tidur. Kalau di RSUD Majenang ada psikolognya, hanya saja belum ada spesialis jiwa. Kalau memerlukan akan kita rujuk ke RSUD Cilacap atau RSUD Banyumas," kata Pramesti.

Pramesti mengatakan, Dinas Kesehatan juga menyiagakan tenaga medis di setiap Puskesmas Kabupaten Cilacap untuk skrining pasien. Dengan tujuan untuk antisipasi kasus kejiwaan sebelum pelaksanaan pemilu 2024

"Sampai saat ini belum ada permintaan. Kita akan siapkan, dan kalau ditemukan akan dirujuk ke RSUD Cilacap," katanya.

Dikatakan Pramesti, kasus seperti ini rentan terjadi lantaran caleg yang sudah mencurahkan pikiran, tenaga, juga biaya untuk mengikuti pemilu, namun tidak terpilih dapat menjadi stres atau depresi. 

Diketahui, Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Cilacap pada Pemilu 2024 sebanyak 566 orang caleg yang akan memperebutkan 50 kursi di DPRD Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: