Cara Tepat Memilih Buah Semangka yang Segar dan Manis

Cara Tepat Memilih Buah Semangka yang Segar dan Manis

Cara Tepat Memilih Buah Semangka yang Segar dan Manis-@Sisi Terang-

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Semangka termasuk buah favorit yang memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan, Salah satunya yaitu untuk mengatasi dehidrasi, Buah ini sangat kaya akan antioksidan, kemudian juga mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata serta melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula.

Untuk menikmati semangka yang segar dan manis tentu perlu jeli saat membelinya, Karena tidak semua buah semangka memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Nah Untuk membantu kamu agar tidak salah pilih saat membeli buah semangka, berikut tips nya.

1. Perhatikan garis di kulit semangka

Perhatikan ciri-ciri pertama semangka yang segar dan manis adalah dengan melihat garis di kulit semangka. Kamu perlu memilih semangka yang memiliki pola garis yang kuat dan konsisten, Yang berwarna hijau harus berwarna hijau tua dan dalam, sedangkan garis-garis pucat harus berwarna krem, kuning muda. Nah, Semakin gelap warna dan tajam garis tersebut, maka itu pertanda buah semangka yang segar dan manis.

2. Perhatikan bercak pada semangka

Ingatlah bahwa proses pematangan semangka tidak akan terjadi lagi setelah dipanen. Jika ingin mendapatkan buah semangka yang segar dan manis pilihlah semangka dengan bercak kuning yang dikenal sebagai field atau ground spot.

Bercak kuning ini menunjukkan bahwa semangka sudah matang dan menghasilkan buah yang manis, Dan sebaliknya Memilih semangka dengan bercak putih kemungkinan akan menghasilkan semangka yang kurang manis, Hal ini menunjukkan bahwa semangka dipetik terlalu cepat dan belum matang.

3. Periksa tangkai semangka

Memeriksa tangkai buah semangka juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu memilih buah semangka yang segar dan manis, Tangkai ini menghubungkan buah dengan bunga dan tanaman ke akarnya dan berfungsi untuk mengangkut air dan nutrisi yang memungkinkan semangka untuk tumbuh. 

Tangkai yang kering menunjukkan bahwa semangka telah matang dan memiliki rasa yang manis, Dan sebaliknya tangkai yang masih hijau menunjukkan bahwa semangka dipanen terlalu dini dan tidak akan matang sepenuhnya.

4. Mengetuk bagian luar semangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: