Pasar Sidodadi Cilacap Jadi Percontohan Program PAS AMAN

Pasar Sidodadi Cilacap Jadi Percontohan Program PAS AMAN

Petugas saat melakukan rapid test bahan makanan segar terhadap beberapa komoditi sayuran di Pasar Sidodadi Cilacap, Rabu (22/11/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pasar Sidodadi CILACAP menjadi pasar percontohan untuk program Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN), untuk mendukung ketersediaan peredaran pangan segar dari produsen ke konsumen.

Dalam program tersebut, diperiksa kesiapan ruang pos pantau yang dibuat sebagai tempat pelaksanaan uji test kit keamanan pangan segar.

"Sembilan sampel komoditas sayuran kita test kit residu pestisida yang dilaksanakan oleh Tim ICS didampingi Tim Teknis dan petugas pendamping dari Dinas Pangan dan Perkebunan (Disparbun)," kata Agus Priharso selaku Kepala Bidang Konsumsi dan ketahanan Pangan pada Disparbun, Rabu (22/11/2023).

Hasilnya, sembilan sampel tersebut aman dari zat berbahaya sehingga layak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, tim juga melakukan pengecekan terhadap sanitasi, kebersihan serta ruang yang digunakan untuk pos pantau pengecekan bahan makanan.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Lakukan Upaya Tekan Inflansi

BACA JUGA:Resmi Jabat PJ Bupati Cilacap, Ini 10 Program Prioritas Awaluddin Muuri

"Selain bahan makanan segar yang dilakukan pengetesan, beberapa item yang menyangkut kebersihan juga kita cek. Para pedagang diminta menyediakan kantong plastik atau tempat sampah sendiri," lanjutnya.

Menurutnya, saat ini baru Pasar Sidodadi yang dijadikan percontohan. Harapannya, seluruh pasar di Cilacap menjalankan program PAS AMAN. Sehingga bahan makanan dipastikan sehat tanpa zat berbahaya serta kondisi pasar bersih serta higienis.

"Ini baru Pasar Sidodadi. Harapan kami keseluruhan pasar dapat menerapkan program ini karena kaitanya dengan bahan makanan sehat yang akan dikonsumsi masyarakat," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: