Apa Itu UNESCO? Ini Sejarah, Tujuan, dan Programnya!

Apa Itu UNESCO? Ini Sejarah, Tujuan, dan Programnya!

Apa Itu UNESCO-UNESCO-

BACA JUGA:Kebumen Menuju Geopark Global UNESCO

Tujuan UNESCO

  • Pendidikan

Salah satu tujuan utama UNESCO adalah memastikan bahwa setiap individu memiliki akses ke pendidikan berkualitas. Hal ini melibatkan upaya untuk menghapuskan buta huruf dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan di seluruh dunia.

  • Ilmu Pengetahua

UNESCO mendorong penelitian ilmiah dan pertukaran pengetahuan internasional. Melalui berbagai program, organisasi ini berusaha memecahkan masalah global seperti perubahan iklim, penyakit menular, dan masalah kesehatan lainnya.

  • Perlindungan Warisan Kebudayaan

UNESCO aktif dalam melindungi dan mempromosikan keberagaman warisan budaya di seluruh dunia. Program Warisan Dunia UNESCO telah mengakui dan melindungi situs-situs bersejarah dan budaya yang luar biasa.

  • Informasi dan Komunikasi

UNESCO bekerja untuk memastikan akses universal terhadap informasi dan pengetahuan, serta memajukan media yang independen dan beragam namun tetap sederajat.

BACA JUGA:Para Seniman Tuntut Pemerintah Tegas Lindungi Reog Sebagai Warisan Unesco, Jangan Sampai Kecolongan Negara Tet

BACA JUGA:Lagi-lagi Malaysia Klaim dan Mencaplok Reog sebagai Warisan Budaya Mereka, Bahkan Bersiap Daftarkan ke UNESCO

Program UNESCO

  • World Heritage Sites

Program ini, dimulai pada tahun 1972, mengidentifikasi dan melindungi tempat-tempat dengan nilai budaya dan alam yang luar biasa di seluruh dunia.

  • Education for Sustainable Development (ESD)

Upaya untuk fokus pada pendidikan yang berkelanjutan, ESD bertujuan untuk membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

  • International Geoscience and Geoparks Programme

Program ini mempromosikan pemahaman tentang geosains dan mengakui geopark sebagai tempat yang memajukan pemahaman tentang warisan geologi.

  • Program Man and the Biosphere (MAB

MAB adalah program yang merupakan inisiatif untuk memahami, melindungi, dan memelihara keanekaragaman hayati bumi.

BACA JUGA:Ini 12 Warisan Budaya Indonesia Diakui oleh UNESCO

BACA JUGA:UNESCO Tetapkan Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: