Tips Keren untuk Kamu yang Lagi Asyik Belajar Melukis

 Tips Keren untuk Kamu yang Lagi Asyik Belajar Melukis

Tips Keren untuk Kamu yang Lagi Asyik Belajar Melukis-idntimes.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kamu lagi seneng-senengnya belajar melukis? Apa pun level keahlian kamu, melukis bukan hanya kegiatan seru, tapi juga bisa jadi cara buat ekspresi diri yang keren.

Nah, biar makin enjoy dan hasil karyamu makin oke, ini dia beberapa tips keren buat kamu yang lagi berpetualang di dunia melukis.

Tips Belajar Melukis yang Asyik

Berikut di bawah ini tips asyik untuk kamu yang sedang melakukan hobi belajar melukis:

BACA JUGA:Tips Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan Tanpa Stress

BACA JUGA:Tips Public Speaking Untuk Kaum Introvert

 

 

1. Ambil Inspirasi dari Mana Saja

Tidak perlu jauh-jauh mencari inspirasi. Bisa dari alam sekitar, dari kisah hidupmu sendiri, atau malah dari secangkir kopi yang lagi kamu nikmati.

Selalu ada inspirasi di sekitar kamu, tinggal bagaimana kamu melihat dan menangkapnya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba hal baru dan memasukkan cerita kamu ke dalam karya seni.

2. Eksperimen dengan Berbagai Gaya

BACA JUGA:4 Dampak Bahaya Dari Tidur Sore! Tips Untuk Kesehatan Anda.

BACA JUGA:Tips Jaga Kesehatan di Saat Hujan Ekstrim!

 

Tidak usah takut mencoba berbagai gaya melukis. Kalo biasanya kamu suka yang abstrak, cobain deh belajar melukis dengan gaya realis atau sebaliknya.

Eksperimen ini bisa membuka pandangan kamu terhadap seni, dan membantu kamu menemukan gaya yang paling pas buat diri kamu sendiri. Jangan terlalu serius, ini seni, bukan matematika!

3. Gunakan Teknik Wet-on-Wet

Teknik ini seru banget buat kamu yang lagi suka belajar melukis dengan cat air. Coba deh basahi kertas lukismu sebelum mulai melukis. Warnanya jadi lebih ngalir dan kamu bisa menciptakan efek yang unik. Wet-on-wet ini bisa bikin karya kamu terlihat lebih hidup dan ekspresif.

BACA JUGA:31 Tahun Melukis Poster Film Rajawali, Parsan Akhirnya Dapat Penghargaan

BACA JUGA:Kreatif! Melukis Bendera Di Wajah Suporter Bola, Hasilnya Lumayan buat Uang Saku!

4. Jangan Takut Salah dan Buat Kesalahan Jadi Bagian Karya

Saat belajar melukis, jangan pernah takut untuk membuat kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Banyak seniman besar yang karyanya justru muncul dari kesalahan yang mereka buat.

Jadi, kalau tanganmu nggak sengaja melenceng, jangan langsung dihapus, mungkin bisa jadi tambahan yang menarik!

5. Pilih Bahan yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

BACA JUGA:Ratusan Perupa Cilacap Melukis Bersama

BACA JUGA:Pernah Melukis Wajah Bupati Purbalingga

Gunakan bahan yang kamu nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu nggak perlu punya palet atau cat yang mahal-mahal dulu. Pilih bahan yang sesuai dengan budget dan tingkat keahlianmu. Ingat, bukan bahan yang membuat karyamu bagus, tapi bagaimana kamu menggunakan bahan tersebut.

6. Bikin Studio Kecilmu Sendiri

Meskipun kamu nggak punya studio mewah, tapi buatlah tempat yang khusus untuk melukis. Jangan takut buat bereksperimen dan nggak perlu malu kalau ruanganmu terlihat berantakan. Studio kecil yang penuh dengan warna dan barang-barang seni adalah tempat yang paling asyik buat berkarya.

7. Jangan Hanya Mengandalkan Referensi Visual

BACA JUGA:Mengenal Gigihnya Aisyah Bilqis, Pelukis Henna Muda Asal Kecamatan Sumpiuh, Sehari Pernah Melukis Henna 10 Ora

BACA JUGA:Melukis Pakai Masker, Kuas dan Kanvas Disterilkan

Meskipun referensi visual itu penting, tapi jangan hanya terpaku pada itu. Biarkan imajinasimu bekerja. Coba untuk menyatukan ide dan elemen-elemen yang tidak biasa. Dengan begitu, karyamu akan lebih unik dan personal.

8. Cari Feedback Positif dan Bangun Komunitas Seni

Jangan ragu untuk melukis, percaya diri aja,  karena kepercayaan dirimu berpengaruh ke lukisanmu, semakin kamu percaya diri semakin indah dan berarti lukisanmu, dan jangan malu untuk berbagi karyamu dan mencari feedback. Bergabunglah dengan komunitas seni online atau offline.

Kamu bisa belajar banyak dari pandangan orang lain dan juga mendapatkan dukungan positif yang bisa meningkatkan semangatmu. Jadi, teman-teman, nikmati proses belajar melukis. Seni itu tentang ekspresi diri dan eksplorasi. Nggak perlu terlalu serius, yang penting jangan lupa untuk menikmati setiap goresan kuas dan percikan warna. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: