Cegah Kekerasan di Sekolah, Pemprov Jateng Semarakkan Gerakan Ayo Rukun

Cegah Kekerasan di Sekolah, Pemprov Jateng Semarakkan Gerakan Ayo Rukun

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mencegah potensi terjadinya kekerasan di sekolah. Salah satu upayanya adalah dengan menyemarakkan program Gerakan Ayo Rukun.-Humas Pemprov Jateng untuk Radarmas-

SEMARANG, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mencegah  potensi terjadinya kekerasan di sekolah. Salah satu upayanya adalah dengan menyemarakkan program Gerakan Ayo Rukun.

Program yang  diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng itu akan dilaunching  oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana bertepatan dengan peringatan Hari Guru pada  25 November 2023 mendatang.

Nana mengatakan, selain kasus kekerasan anak dan perempuan, kekerasan di satuan pendidikan termasuk yang menjadi perhatian.

Oleh karena itu,  gerakan ini diharapkan punya aksi nyata dan dampak yang jelas. 

BACA JUGA:Bertemu Tokoh Agama Sulut, Ganjar; Kita Harus Contoh Kerukunan Beragama Sulawesi Utara

BACA JUGA:Kemenag : Kerukunan di Indonesia Terus Terjalin

"Pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan ini harus serius. Jadi jangan hanya gerakan atau slogan saja, harus ada aksi nyata," kata Nana saat menerima laporan dinas dari Kepala Disdikbud Jawa Tengah di kantornya, Jumat, 17 November 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah menyatakan,  Gerakan Ayo Rukun adalah bentuk implementasi dari  Permendikbudristek Nomor 46 tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Dijelaskan dia, Ayo Rukun merupakan akronim dari Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan.

Gerakan Ayo Rukun ini untuk sementara  ada di 19 Sekolah. Mereka   sudah mendeklarasikan dan berkomitmen  melakukan pencegahan serta penanganan kekerasan di sekolah. 

BACA JUGA:Buka Islamic Center, Ganjar: Ini Ruang Kerukunan Beragama dan Pengembangan Ekonomi

BACA JUGA:Lantik Bupati dan Wabup, Ganjar: Rukun Dengan Wakilnya, Semua Ada Porsinya

"Gerakan ini  melibatkan unsur masyarakat, kepala sekolah, guru, tata upaya, dan juga murid sebagai agen perubahan," jelas Uswatun.

Menurut dia, gerakan tersebut merupakan aksi konkret Pemprov Jateng sebagai langkah  preventif mangatasi kekerasan di sekolah atau satuan pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: