Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Energi Terbarukan Paling Tepat!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Energi Terbarukan Paling Tepat!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya-AsiaToday-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Indonesia saat ini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya terbesar ketiga di  dunia yakni PLTS Terapung Cirata. 

Adapun hebatnya, PLTS tersebut hanya memakan lahan waduk sebesar 4%, menyerap 1.400 tenaga kerja lokal, dan merupakan pertama di Asia Tenggara.

Lantas, apa sebenarnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya? serta apa saja keuntungan dan tantangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Pengadaan Tanah untuk PAUD Banjarkuat Terkendala Aset PLTS

BACA JUGA:PLTS, Hemat Pengeluaran Tagihan Listrik, Ini Pengaplikasian ke Ponpes di Banjarnegara

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya adalah inovasi terkini dalam sektor energi yang menjadi pionir perubahan menuju sumber daya terbarukan dan ramah lingkungan. 

Sebagai solusi energi bersih yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber daya utama, pembangkit listrik tenaga surya bukan hanya menyediakan sumber daya yang tak terbatas.

Namun juga berperan dalam mengurangi jejak karbon dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Pembangkit listrik tenaga surya mengubah energi matahari menjadi listrik menggunakan teknologi fotovoltaik. 

Proses ini dimulai ketika panel surya, menangkap sinar matahari dan merubahnya menjadi arus listrik. Panel surya terdiri dari lapisan silikon yang memiliki kemampuan untuk melepaskan elektron ketika terkena sinar matahari.

Elektron yang terlepas ini kemudian menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan generator dan menghasilkan listrik.

BACA JUGA:Bukan Isapan Jempol, Energi Terbarukan Itu Nyata Adanya, KPI Unit Cilacap Miliki PLTS Berkapasitas 2,34 MWp

BACA JUGA:Kabel Kendor, Aset PLTS Komunal Mangkrak di Banjarpanepen Sumpiuh, Warga dan Pemdes Tak Berani Utak-atik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: