Penapisan PTM, 9 Puskesmas Turun Ke OPD Pemkab Purbalingga

Penapisan PTM, 9 Puskesmas Turun Ke OPD Pemkab Purbalingga

Cek : Petugas kesehatan dari Puskesmas Mrebet saat cek kesehatan pegawai Dinkominfo Purbalingga, Jumat 17 November 2023.-Dinkominfo Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Skrining/penapisan penyakit tidak menular (PTM) dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten PURBALINGGA, Jumat 17 November 2023 turun ke OPD di Pemkab PURBALINGGA. Sebanyak 3 perwakilan tenaga kesehatan dari 9 Puskesmas memeriksa semua ASN.

Penapisan merupakan proses pendeteksian kasus/kondisi kesehatan pada populasi sehat pada kelompok tertentu. Yaitu sesuai dengan jenis penyakit yang akan dideteksi dini dengan upaya meningkatkan kesadaran pencegahan dan diagnosis dini bagi kelompok yang termasuk resiko tinggi.

"Guna mencegah Penyakit PTM di lingkungan Pemerintah Daerah  Purbalingga, kami tugaskan 9 Puskesmas," tutur Kepala Dinkes Purbalingga, dr Jusi Febrianto.

Sembilan Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Purbalingga yang ditugaskan skrining di Dindikbud, Puskesmas Bojong di Dinsosdaldukkbp3a, Puskesmas Kalikajar di Dinpertan, Puskesmas Kaligondang di Dinaker, Puskesmas Padamara di Dindukcapil. Ditambah Puskesmas Kalimanah di DLH, Puskesmas Kemangkon di Dinpermasdes, Puskesmas Bojongsari di Inspektorat, dan Puskesmas Mrebet di Dinkominfo.

BACA JUGA:Tim Dokkes Cek Kesehatan Petugas Pos Pam dan Pos Yan Ops Lilin Candi di Banyumas, Ini Sebabnya

"Tujuannya untuk mendeteksi secara dini PTM, terutama yang lagi gencar DM (diabetes melitus) dan hipertensi di lingkungan OPD," ungkap salah satu petugas kesehatan, Indrio dari Puskesmas Mrebet.

Jiah Palupi Twihantarti, Kepala Dinkominfo Purbalingga berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap 3 bulan sekali khususnya di Dinkominfo.

Seluruh pegawai Dinkominfo mengikuti skrining kesehatan yang meliputi pengecekan tensi, gula darah, dan kejiwaan. Dia juga merasa berterimakasih dengan adanya Pos Bindu ini, dan hasil skrining menunjukkan semua pegawai Dinkominfo dalam kondisi sehat.

"Kegiatan ini bisa menjadi langkah antisipasi untuk segera berobat atau mengatur pola hidup sehat," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: