Tahu Petis, Kulineran Semarang yang Menggoda!

Tahu Petis, Kulineran Semarang yang Menggoda!

Tahu Petis, Kulineran Semarang yang Menggoda!-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang -

RADARBANYMAS.DISWAY.ID - Tahu Petis adalah sebuah hidangan kuliner yang menghadirkan paduan rasa antara tahu yang lembut dan petis yang khas, terbuat dari olahan udang, cabai, serta rempah-rempah pilihan. Dipadukan dengan aneka bumbu, tahu petis menjadi sajian yang lezat yang menggoda selera.

Kelezatannya yang khas telah menarik minat para pengunjung, baik lokal maupun wisatawan dari berbagai penjuru. Warung-warung tradisional hingga restoran mewah di Semarang menawarkan hidangan ini dengan beragam varian dan citarasa.

Tahu Petis menjadi bagian dari kekayaan budaya gastronomi, Tahu Petis menjadi simbol keberagaman dan kekayaan kuliner kota Semarang. Selain itu, tahu petis turut mendukung pariwisata kuliner daerah, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Sejarah Tahu Petis Semarang

Tahu Petis Semarang mempunyai jejak sejarah yang kuat sebagai salah satu warisan kuliner dari budaya Tionghoa di Semarang. Pada abad ke-19, pedagang Tionghoa yang menetap di kawasan Pecinan Semarang pertama kali menciptakan hidangan ini. 

BACA JUGA:Bandeng Presto Kuliner Khas Semarangan

BACA JUGA:Eskploasi Kuliner Wingko Babat Semarang

Dengan menggunakan bahan lokal seperti tahu, petis udang, dan cabai, serta memadukannya dengan bumbu khas Tionghoa seperti bawang putih dan gula merah, mereka menghasilkan hidangan yang kemudian menyebar ke berbagai daerah di Jawa Tengah.

Seiring berjalanya waktu, Tahu Petis Semarang menjadi salah satu makanan favorit yang tidak hanya diakui oleh masyarakat lokal Semarang, akan tetapi juga populis di luar Semarang.

Keunikan Tahu Petis Semarang

Keunikan dari Tahu Petis Semarang terletak pada bumbu petis yang menggunakan udang sebagai bahan dasar, diracik dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan petis udang siap saji yang memiliki aroma harum yang khas tanpa kesan menyengat. 

Dikombinasikan dengan tahu pong yang segar dan renyah, menciptakan harmoni rasa yang menggugah selera. Kombinasi tekstur tahu yang lembut dengan cita rasa petis yang khas menjadi ciri khas yang tak terlupakan dari hidangan ini.

BACA JUGA:Harga Mulai 2000, Inilah 4 Kawasan Kuliner Solo yang Wajib Dikunjungi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: