Tak Hanya Mengangkat Sel Kulit Mati, Inilah 7 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Perlu Diketahui!

Tak Hanya Mengangkat Sel Kulit Mati, Inilah 7 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Perlu Diketahui!

Manfaat Eksfoliasi Wajah-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apakah kulit wajahmu terlihat kusam dan memiliki pori-pori besar? Mungkin penyebabnya adalah kurangNYA kebiasaan eksfoliasi pada wajahmu. Eksfoliasi merupakan proses penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit wajah, menjaga kebersihan kulit, dan memberikan tampilan wajah yang lebih cerah.

Secara alami, tubuh melakukan eksfoliasi setiap 28-30 hari. Namun seiring bertambahnya usia, proses ini melambat. Hal ini menyebabkan pengangkatan sel-sel kulit mati memerlukan waktu lebih lama. Untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat membuat kulit kusam dan memicu timbulnya jerawat, eksfoliasi tambahan menjadi penting. Metode-metode seperti facial, mikrodermabrasi, atau peeling dapat digunakan untuk melaksanakan proses ini.

Eksfoliasi wajah bukan hanya berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi juga memiliki manfaat lain yang beragam. Apa saja manfaat eksfoliasi wajah tersebut? 

Manfaat Eksfoliasi Wajah

1. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat eksfoliasi wajah yang pertama yaitu untuk mencegah timbulnya jerawat. Masalah jerawat dan komedo kerap disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kulit mati, kotoran, dan debu. Apabila kamu tengah mengalami masalah jerawat, proses eksfoliasi bisa mempercepat penyembuhan jerawat kamu. 

BACA JUGA:5 Tips Cara Merawat Kulit Wajah yang Berjerawat

BACA JUGA:Tips Untuk Anda Ingin Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Jerawat lebih cepat hilang dan tidak tumbuh lagi apabila kamu melakukan proses ini secara rutin. Selain itu, wajah akan tampak jauh lebih bersih, produksi minyak menjadi berkurang, dan pastinya pori-pori wajah tidak akan tersumbat. 

2. Meratakan Warna Kulit

Manfaat eksfoliasi wajah yang kedua yaitu untuk meratakan warna kulit. Tak bisa dipungkiri, sel-sel kulit mati dapat membuat wajah tampak kusam dan kering. Itulah sebabnya Anda butuh proses eksfoliasi guna mencerahkan wajah serta meratakan warna kulit. Tidak hanya mencerahkan, proses tersebut juga dipercaya bisa membuat wajah lebih lembut dan tekstur wajah tersamarkan apabila digunakan secara teratur.

3. Mendukung Proses Regenerasi Sel Kulit

Manfaat eksfoliasi wajah yang ketiga yaitu untuk mendukung proses regenerasi sel kulit. Meskipun kulit mengalami regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari, rutin melakukan eksfoliasi wajah dapat mengakselerasi proses regenerasi tersebut. Mempercepat regenerasi sel kulit dapat memberikan tampilan wajah yang lebih sehat dan berseri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: