Merasakan Sensasi Belanda di Wisata Kota Lama Semarang

Merasakan Sensasi Belanda di Wisata Kota Lama Semarang

Wisata Kota Lama Semarang, Seperti Di Belanda!-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kota Lama Semarang, juga dikenal sebagai 'Oudstadt' (Kota Tua) oleh penduduk setempat, adalah jantung sejarah kota ini. Dibangun pada abad ke-17 oleh Belanda, kawasan ini menampilkan bangunan-bangunan berarsitektur kolonial Belanda yang masih terpelihara dengan baik. 

Kota Lama Semarang telah mendapat perhatian luas di tingkat nasional maupun internasional. Popularitasnya terus meningkat karena pesona keindahan arsitektur yang unik, termasuk ikon terkenal seperti Lawang Sewu, Tawang Station, dan Blenduk Church.

Kota Lama Semarang bukan hanya sekadar kawasan bersejarah, tetapi juga sebuah tempat yang memperlihatkan nilai-nilai budaya yang penting. Kehidupan sehari-hari penduduk lokal, pasar tradisional, seni, dan kuliner khasnya menunjukkan betapa pentingnya kawasan ini sebagai penjaga dan pengawet tradisi budaya Jawa. 

Sejarah Kota Lama Semarang

Kota ini bermula dari kesepakatan strategis antara Kerajaan Mataram Islam dan VOC, dimana VOC tertarik untuk mengendalikan kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan ekonomi. Pada paruh kedua abad ke-17, VOC bersedia membantu Kerajaan Mataram Islam melawan pemberontakan Trunojoyo dari Madura.

BACA JUGA:Indahnya Ekowisata Rawa Pening Semarang

BACA JUGA: Banyak Spot Foto Estetik, Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Akan tetapi bantuan tersebut mempunyai syarat bahwa Semarang harus diserahkan kepada VOC pada tanggal 15 Januari 1678. Dari sinilah, berbagai struktur mulai dari gedung-gedung pemerintahan hingga pemukiman warga serta Benteng Vijhoek didirikan.

Perkembangan Kota Lama Semarang

Benteng Vijhoek kemudian dibongkar dan digantikan dengan Benteng Fase II yang dibangun antara 1741 hingga 1756, mengelilingi seluruh kawasan Kota Lama. Kota ini kemudian memperoleh julukan 'Little Netherland' karena penampilannya yang menyerupai kota di Belanda. 

Pada abad ke-19 dan ke-20, Kota Lama tetap menjadi pusat perdagangan dengan kedatangan banyak pedagang dari China dan Arab. Setelah kemerdekaan Indonesia, Kota Lama Semarang mulai mendapat perhatian karena arsitektur bangunan-bangunannya yang menggambarkan gaya Eropa pada masa kolonial Belanda.

Lokasi Kota Lama Semarang

Terletak di Jawa Tengah, kawasan ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi warisan budaya yang memikat. Dengan alamat tepat di Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, kota ini menawarkan suasana yang mempesona dari era kolonial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: