BPBD Cilacap Siapkan Sarana Prasarana Antisipasi Musim Hujan

BPBD Cilacap Siapkan Sarana Prasarana Antisipasi Musim Hujan

Kejadian bencana banjir di Kroya tahun lalu.-DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat diminta untuk mewaspadai ancaman banjir dan tanah longsor, menyusul adanya hujan yang diprakirakan akan berlangsung di wilayah Kabupaten CILACAP.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk antisipasi musim hujan tahun ini.

"Kami meminta warga untuk memeriksa saluran air, sungai dan pintu air. Selain itu, lereng atau bukit yang terdapat atau ditemukan retakan baru dan segera untuk menutupnya dengan tanah," katanya.

Masyarakat juga diminta aktif melapor kepada pemerintah desa/kecamatan/UPT BPBD terdekat jika terjadi adanya tanda-tanda potensi bencana. 

BACA JUGA:Pasar Wage Karangkandri, Cilacap, Segera Direlokasi, Bangunan Ditarget Selesai Desember 2023

BACA JUGA:Ditinggal Mencari Ikan, Rumah Milik Warga Jalan Singalodra Cilacap Terbakar

"Untuk saluran air bisa dibersihkan supaya tidak menyumbat saat hujan nanti. Kami juga melakukan pengecekan di wilayah yang berpotensi bencana alam, seperti banjir dan longsor," ujarnya. 

Menurutnya, ada beberapa titik di Cilacap yang rawan longsor terutama di wilayah perbukitan di Cilacap Barat. Kemudian daerah rawan banjir seperi Kecamatan Kroya dan Sidareja.

"Kami sudah siapkan alat kebencanaan dan personil. Dengan adanya antisipasi sejak dini, maka bila terjadi banjir dan tanah longsor di daerah yang memang rawan, tidak menimbulkan korban di masyarakat," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: