Awal Bulan, Harga Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Cilacap Melonjak

Awal Bulan, Harga Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Cilacap Melonjak

Pedagang di Pasar Kroya. Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional CILACAP terus mengalami kenaikan. Kondisi itu membuat para pedagang masakan berbahan baku cabai harus mengurangi porsi penggunaan komoditas tersebut.

Di Pasar Kroya, harga cabai rawit merah menembus harga Rp 84 ribu per kilogram. Harga tersebut melonjak jauh dari harga normalnya yang hanya di kisaran Rp 40 ribu per kilogram. 

"Harga cabai rawit naik terus sejak sebulan terakhir ini. Cabai merah besar juga naik, sekarang Rp 60 ribu per kg. Naiknya juga sama mulai sebulanan ini, Normalnya kan Rp 22 ribu per kg," ucap Nani, pedagang Pasar Kroya.

Kenaikan harga tersebut tidak terjadi hanya pada komoditas cabai, kata Nani, kenaikan harga juga terjadi pada harga bawang putih. Hari ini harga bawang putih di kios miliknya dipatok di kisaran Rp 32 ribu - Rp 35 ribu per kg.

BACA JUGA:Warga Desa Kalisabuk, Cilacap Geger Bunyi Ledakan Keras Sampai Dua Kali

BACA JUGA:PSCS Cilacap Kalah dari Deltras Sidoarjo, Pelatih PSCS Cilacap : Butuh Waktu Untuk Tingkatkan Performa Tim

"Bawang merah juga sekarang naik lagi, Rp 25 ribu per kilogram. Bawang merah tergantung ukurannya kecil, sedang atau besarnya," katanya.

Menanggapi kenaikan harga bumhu dapur melonjak, seorang pembeli bernama Annisa mengaku, pengeluaran bulanan untuk belanja menjadi membengkak.

"Biasanya belanja sayuran dan bumbu dapur paling habis Rp 50 ribu. Ini bisa sampai Rp 80 ribuan sendiri," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: