Angkringan Kopi Jos Lik Man, Kopi Arang Khas Jogja Yang Merakyat

Angkringan Kopi Jos Lik Man, Kopi Arang Khas Jogja Yang Merakyat

Angkringan Kopi Jos Lik Man, Kopi Arang Khas Jogja Yang Merakyat-idntimes.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Angkringan menjadi salah satu tempat berkumpul bersama sahabat atau pun pasangan yang sangat menyenangkan meskipun terkesan sederhana.

Nah, termasuk salah satu tempat angkringan yang cukup terkenal di Yogyakarta yaitu adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Angkringan yang telah terkenal khususnya bagi para warga Jogja, ini selalu nampak ramai apapun kondisinya.

Disini Anda bisa menikmati menu inovasi terbaru dan sedikit berbeda dari angkringan yang lainya, yaitu Kopi Joss yang memiliki proses pembuatan kopi yang sangat khas.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Hunting Kuliner Malam BSD Terbaik

BACA JUGA:Kuliner Khas Bandung yang Legendaris !

Sekilas Angkringan Kopi Jos Lik Man 

Angkringan Kopi Jos Lik Man termasuk dalam daftar angkringan yang memiliki sejarah panjang di Yogyakarta. Karena pemiliknya adalah salah satu perintis utama dalam bisnis angkringan yang ada di kota Jogja.

Angkringan ini telah ada sejak kurang lebih tahun 1950-an, dan Lik Man adalah generasi penerus dari pemilik asli angkringan kopi Joss.

Secara resmi menerima tanggung jawab atas bisnis angkringan ini pada tahun 1969, karena dilihat prospek yang cerah dan tingginya minat masyarakat.

BACA JUGA:Soto Kudus, Kuliner Kudus Khas dan Populer yang Wajib Kamu Coba

BACA JUGA:Botok Tawon, Kuliner Ekstrem Banyuwangi dari Sarang Lebah

Kopi Joss 

Kopi Joss menjadi salah satu menu minuman favorit di Angkringan Lik Man, karena jika biasanya kopi diseduh dengan air yang mendidih.

Namun kopi yang satu ini memiliki penyajian yang berbeda yaitu bukan menggunakan air mendidih melainkan menggunakan Arang atau Bara yang masih membara.

Arang atau Bara yang masih membara ini di celupkan ke secangkir kopi, kemudian kopi di dalam gelas akan terseduh menggunakan arang tersebut.

Asal usul kata "joss"  ini berasal dari bunyi yang dihasilkan ketika arang yang sedang membara bertemu dengan kopi panas yang diseduh.

BACA JUGA:Ayam Goreng Mbah Karto Solo, Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1960

BACA JUGA: Kelezatan Kuliner Khas Tegal Nasi Bogana yang Menggoda Selera

Kemudian akan menciptakan suara "joss" yang khas, karena arang yang masih membara bertemu dengan air biasa dan ketika keduanya bercampur di dalam gelas air akan langsung mendidih sekejap.

Salah satu keunggulan dari kopi Joss adalah kandungan kafeinnya relatif rendah karena telah dinetralisir dengan menggunakan arang.

Harga & Menu Favorit Lainya

Angkringan ini juga menghadirkan beragam pilihan makanan, termasuk sego kucing yang merupakan salah satu menu utama dengan cita rasa yang lezat.

Menikmati sego kucing yang masih hangat disertai dengan beragam pilihan gorengan atau hidangan makanan bakar lainya, bukan hanya enak tetapi juga ramah di kantong.

BACA JUGA:Kuliner Malang Bakso President yang Sering Bikin Kaget

BACA JUGA:Menjelajah Wisata Kuliner Melalui Selat Solo

Selain itu, tersedia jadah bakar dan berbagai jenis gorengan yang siap untuk menemani Anda saat menikmati secangkir kopi.

Juga terdapat beberapa lauk peneman makan dan kopi yang sering dipilih oleh pengunjung seperti tempe mendoan, tempe bacem, tahu susur, dan kepala ayam.

Tidak perlu takut mahal dan mengeluarkan uang cukup mahal, karena harga menu di Angkringan Kopi Jos Lik Man sangat bersahabat dengan kantong.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Super Lezat dan Harus Dicoba

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Purwokerto yang Mudah Ditemukan

Anda bisa menikmati sego kucing dengan harga hanya Rp2.000 saja, sementara kopi jos dapat dibeli dengan harga sebesar Rp6.000

Lokasi 

Jika Anda tertarik, bisa langsung mengunjunginya di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: