Pj Gubernur Jateng: Cadangan Beras Digelontorkan untuk Tekan Harga

Pj Gubernur Jateng: Cadangan Beras Digelontorkan untuk Tekan Harga

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Drs Nana Sudjana AS, MM, mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Johar Semarang, Selasa (26/9/2023).--

SEMARANG, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Drs Nana Sudjana AS, MM, mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Johar Semarang, Selasa (26/9/2023). Hasil pantauan di lapangan, harga bahan pokok di Pasar Johar relatif normal kecuali beras dan gula. Bahkan beberapa harga komoditas dinilai murah dibandingkan daerah lain.

"Memang tadi dengan Menteri Perdagangan kita sudah melakukan pengecekan di Pasar Johar. Di sini sudah kelihatan bahwa harga-harga yang lain normal, yang naik itu beras sama gula," kata Nana Sudjana usai mendampingi Menteri Perdagangan meninjau harga bahan pokok di Pasar Johar.

Nana menjelaskan upaya pemerintah sudah dilakukan untuk menekan harga beras yang cenderung masih tinggi. Di antaranya dengan menggelontorkan stok beras yang dimilki Bulog ke pasar dan juga bantuan langsung kepada masyarakat. Begitu juga dengan Pemprov Jateng yang mulai mengeluarkan cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras dan beberapa bahan pokok lainnya.

"Pemerintah sudah melaksanakan upaya-upaya yaitu dengan menggelontorkan Bulog. Tadi sudah kita lihat banyak beras-beras Bulog yang harganya di bawah Rp10 ribu sehingga ini nanti harapannya menormalkan harga beras di pasaran," kata Nana.

BACA JUGA:Makin Diminati, Penumpang Trans Jateng Terus Meningkat

BACA JUGA:Pemprov Jateng Terus Monitor TPA Cegah Terjadinya Kebakaran

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga beras masih berada pada harga Rp 60 ribu per 5 kilogram. Harga beras SPHP di Pasar Johar Semarang saat ini berkisar antara Rp 51 ribu per 5 kilogram. Sementara harga bawang merah pada kisaran Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu per kilogram atau turun dari sebelumnya Rp 27 ribu. Sama halnya dengan bawang putih yang turun dari Rp 35 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilogram.

"Di samping itu kami dari Pemprov juga akan melakukan operasi pasar dengan melaksanakan pasar murah nanti," ungkapnya.

Pernyataan serupa disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Menurutnya, harga bahan pokok di Pasar Johar Semarang cenderung murah-murah. Misalnya harga bawang merah dan bawang putih yang turun. Itu dilihat dari minat pada warga yang berebut saat ia bersama PJ Gubernur Jawa Tengah memborong dan membagikan beras dan bahan pokok lainnya seperti daging.

"Harga di sini terlalu murah. Bawangnya terlalu murah, tadi kelihatan ayam (saat dibagikan) orang tidak berebut, daging tidak berebut. Artinya itu harga tidak naik. Kalau beras berebut, berarti beras mahal. Perilaku masyarakat kita kelihatan kalau harga mahal itu berebut," ujarnya.

BACA JUGA:Pabrik Tiang Pancang di Demak Serap Ratusan Pekerja, Pj Gubernur Jateng Berharap Kurangi Pengangguran

BACA JUGA:Percepat Penurunan Stunting, Pemprov Jateng Akan Optimalkan Intervensi di 20 Daerah

Maka dari itu, pemerintah terus berupaya menurunkan harga beras di seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya dengan melakukan pembagian bansos beras 10 kilogram per orang untuk 21 juta warga. Pasar murah juga akan digelar untuk menekan harga.

"Tidak usah khawatir. Stok beras Bulog banyak, lebih dari biasanya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: